Fungsi Selang Hawa Motor
Fungsi Selang Hawa Motor

Fungsi Selang Hawa Motor yang Sangat Penting

Fungsi Selang Hawa Motor adalah untuk menyalurkan kompresi yang bocor pada saat seher berada pada kompresi.  Bisa saja ketika udara yang sudah bersatu dangan bahan bakar lewat kalter melalui dinding silinder & ring seher. Di setiap sisi transmisi sepeda motor matic terdapat selang yang terhubung antaras sisi gear ratio & penyering udara yaitu Selang Hawa. Ternyata Fungsi dari Selang Hawa Motor sendiri cukup penting, jadi perlu dirawat dengan benar seperti halnya komponen – komponen lainnya.

Komponne CVT membutuhkan selang hawa. Untuk menyalurkan udara panas,  dimana umumnya Selang Hawa pada Motor itu berperan untuk menyambunkan boks penyaring udara CVT dengan sisi gear ratio.

Seperti yang kita ketahui, gesekan yang terjasi di ruang gear ration akan menimbulkan panas meski sudah diolesi oli. Selang hawa inilah yang menyalurkan hawa panas dari gear ratio untuk dibuang menuju boks penyaring udara CVT. Untuk lebih detailnya, yuk simak ualdan di bawah ini!

Viral :   Fungsi Fuel Pump Motor dan Gejala Kerusakannya

Daftar Isi

Fungsi Selang Hawa pada Motor

  • Untuk pernafasan atau wadah bersirkulasi

Fungsinya sebagai wadah sirkulasi udara atau bernafas di dalam kalter mesin, seperti ketika mesin hidu, maka seher didalam mesin akan bergerak naik turun diantara TMA-TMB, nah saat itulah berlangsungnya kevakuman udar di bagian kalter mesin. Ketika seher naik, maka udara kan terhisap. Sementara. Ketika seher turun, maka udara akan tertiuo keluar. Berkat Fungsi Selang Hawa yang membuat gerakan seher ini lancar.

  • Sebagai penyalur kompresi yang bocor

Hal ini berlaku ketika seher ada di c ara kompresi bukan tidak mungkin udara yang telah besatu dengan bahan bakar lewat kalter yang melelui dinding silinder & ring seher yang akan dikeluarkan saat leher bergerak turun dipompa ke kontak penyaring udara agar tidak mencemarkan lingkungan.

  • Untuk Pendingin mesin & penghangat udara

Terakhir, Fungsi penting dari Selang Hawa pada Motor ialah untuk pendingin mesin, dimana tujuannya saat udara di luar terhisap masuk ke dalam mesin, maka yang terhisap pasti udara dingin.

Viral :   Harga Honda CBR 1000 RR Terbaru

Jika fungsinya untuk penghangat, ini ketika udara yang dipompa keluar mesin pasti udara yang hangat / pans dan ini akan menolong untuk menghangatkan udara yang ada dibox filter yang hendak terserap ke ruang pembakaran.