Fungsi Ignition Coil pada Sepeda Motor
Fungsi Ignition Coil pada Sepeda Motor

Fungsi Ignition Coil pada Sepeda Motor

Fungsi Ignition Coil pada Sepeda Motor ialah untuk menaikkan tegangan aki motor dari yang awalnya 12 volt menjadi 25.000 volt atau bahkan bisa jadi lebih, dimana kenaikan tegangan ini nantinya dimanfaatkan sebagai tenaga hasil induksi elektromagnetik. Ignition Coil Ini berhubungan dengan sistem pengapian. Sebagai pengguna sepeda motor, anda sebaiknya mengetahui sedikit banyaknya untuk membantu sekaligus mengantisapi jika terjadi masalah atau gangguan pada motor anda khususnya dibagian pengapian atau mesin.

Ignition Coil ini letaknya di bagian ruang bakar serta terdiri dari kumparan primer & kumparan sekunder. Kedua kumparan inilah akan menaikkan tegangan dari aki / baterai lewat induk elektromagnetik (induksi magnet listrik). Untuk lebih detailnya wartaoto.com telah merangkum beberapa Fungsi Ignition Coil pada Sepeda Motor yang cukup penting. Yuk disimak!

Viral :   Mengenal Helm Bogo Beserta Keunggulan dan Jenis-jenisnya

Daftar Isi

Fungsi Ignition Coil

  • Untuk menaikkan tegangan

Fungsi Ignition Coil yang utama ialah untuk menaikkan tegangan seperti yang sudah kami sampaikan diatas. Maka sudah bisa dibayangkan jika Fungsi Ignition Coil pada Sepeda Motor ini menurun atau bahkan rusak maka sistem pengapian akan bermasalah.

  • Primary Winding

Fungsi selanjutnya adalah sebagai primary winding yang berperan untuk menghasilkan inti kemagnetan yang akan digunakan oleh secondary coil guna menghasilkan tegangan induksi ketika kontak point terbuka.

  • Secondary coil

Peran Ignition Coil juga sebagai secondary coil yang letaknya di Ignition Coil dan bentuknya seperti kawat tembaga setebal kira – kira 0,1 mm serta meliliti lebih dari 10.000 lilitan, dimana lilitan ini mengelilingi inti besi, ujung lilitannya menuju ke arah terminal high voltage, sementara ujung satunya lagi menuju primary coil dan setiap laye lapisan coil terbungkus oleh lapisan film. Secondary coil ini berperan untuk menghasilkan. Tegangan induksi yang dapat membatu tugas primary coil.

  • Lamination

Berikutnya peran Ignition Coil pada Sepeda Motor adalah sebagai lamination yang juga merupakan bagian dari ignation coil dan fungsinya untuk mencegah masuknya air maupun oli ke dalam kumparan / coil.

  • Icon Care

Icon care sendiri juga bagian dari komponen ignation coil yang berperan sebagai penyekat yang terbuat dari besi agar tegangan induksi tinggi yang nantinya dihasilkan dari secondary coil tidak bocor. Icon Care terbuat dari besi.

Viral :   Kelebihan dan Kekurangan Motor CRF