Fungsi Filter Udara Motor Matic
Fungsi Filter Udara Motor Matic

Fungsi Filter Udara Motor Matic. Simak Selengkapnya!

Fungsi Filter Udara Motor Matic untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran. Kini semua tipe. Sepeda motor. Umumnya telah menggunakan teknologi injeksi. Salah satunya komponen yang sangat penting pada rangkaian teknologi injeksi yakni saringan udara atau filter udara. Fungsi Filter Udara Motor Matic Sendiri sama seperti pada sepeda motor jenis lainnya yaitu sama – sama untuk menyaring udara dari kotoran maupun debu yang akan masuk ke mesin.

Fungsi Filter Udara Motor Matic

Asisten manager technical trainig PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman, mengatakan bahwa filter udara pada motor mempunyai peranan yang sangat penting. Jika filter udara ini tak dirawat secara rytin, maka akan terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Misalnya seperti, bila filter udara kotor, maka udara yang masuk ke dalam mesin pun menjadi sedikit, alhasil performa mesin menjadi tidak optimal. “Perbandingan antara udara dan bahan bakar yang masuk ke dalam mesin menjadi tidak ideal, akibatnya bahan bakar sepeda motor akan terasa lebih boros” kata Ade dalam keterangannya.

Viral :   Spesifikasi Lengkap dan Harga Yamaha Soul GT 2021

Ade mengatakan perbandingan antara udara dan bahan bakar yang tidak ideal bisa membuat pembakaran menjadi tidak sempurna. Tak hanya itu, perbandingan yang tidka ideal ini juga bisa menyebabkan endapan karbon pada ruang pembakaran dan lama – kelamaan ketika endapan karabon ini menumpuk dapa menimbulkan knocking atau ngelitik. “Hal ini pasti bisa membuat performa mesin terganggu dan mesin juga jadi cepat rusak karena pembakarannya tidak sempurna dan juga bisa merusak komponen busi atau komponen – komponen lainnya” tambah Ade.

Setelah kita mengetahui betapa pentingnya Fungsi Filter Udara pada motor matic ini, maka tentu perlu adanya perawatan supaya performa kinerja filter udara pada sepeda motor tetap prima. Pada filter udara, terdapat beberapa saringan udara yang bisa dibersihkan dan ada juga yang tidak bisa dibersihkan sehingga harus menggantinya dengan yang baru. Jika diamati, filter udara terdiri dari 3 jenis yaitu; busa (Urithane Foam), Dry Paper (dimana bahannya sejenis kertas dan daya saringnya lebih bersih dibanding jenis busa / urithane foam, dan terakhir jenis Viscous Paper (yang bahannya seperti kertas yang dilapisi oli). Untuk perawatannya anda harus sesuaikan dengan jenis filter udara yang dipakai oleh sepeda motor anda.

Viral :   New Honda BeAT 2021 Hadir Dengan Pilihan Warna Spesial dan Striping Baru