Fungsi Pedal Rem Sepeda Motor
Fungsi Pedal Rem Sepeda Motor

Fungsi Pedal Rem Sepeda Motor Beserta Komponennya

Fungsi Pedal Rem Sepeda Motor Beserta Komponennya – Pedal rem merupakan bagian dari rem tromol, dimana ini merupakan jenis rem yang paling banyak di pakai pada sepeda motor dan mobil bahkan pada kendaraan – kendaraan besar seperti bus atau truck. Pedal rem sendiri merupakan satu kesauan dari Rem mekanik yang merupakan sistem pengereman pada sepeda motor, dimana cara kerjanya menggunakan kabel atau kawat. Untuk menghubungkan handel rem atau pedal rem ke tromol. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak ulasan dibawah ini.

Komponen Rem Tromol Mekanik

  • Fungsi Pedal Rem

Fungsi Pedal Rem sendiri ialah untuk mengaktifkan sistem pengereman belakang di kendaraan bermotor jenis cub & sport. Komponen yang satu ini terletak  di sebelah kanan bak mesin. Untuk menggunakannya anda tinggal menginjaknya menggunakan kaki anda.

  • Handel Rem Depan

Bagian ini fungsinya sebagai komponen input ketika pengemudi akan mengaktifkan sistem pengereman dan sebenarnya fungsinya mirip seperti fungsi pedal rem. Handel rem depan letaknya disebelah kanan bagi sepeda motor yang memakai rem tromol depan. Dan pada sepeda motor matic, handel rem belakang biasanya terletak di setang sebelah kiri.

  • Batang Penghubung

Batang Penghubung bekerja meneruskan gaya mekanik pengereman yang dihasilkan oleh fungsi pedal rem ke tuas penggerak rem. Pada motor matic atau sepeda motor uang memakai. Rem tromol depan, batang penghubung ini digantikan fungsinya oleh komponen kabel rem.

  • Tuas Penggerak

Tuas Penggerak atau disebut juga brake lever berfungsi untuk meneruskan gaya dari batang penghubung ke cam yang terdapat pada tromol kendaraan bermotor.

  • Cam

bagian ini merupakan komponen yang digerakkan oleh tuas penggerak yang tujuannya mendorong sepatu rem untuk menekan tombol.

  • Pegas Pengembali

Pegas pengembai atau kerap disebut juga return spring memiliki fungsi untuk mengontrol rem pada kendaraa. Tujuannya ketika sepeda motor melewati lintasan jalan yang tidak arata, maka gaya berat yang bekerja akan menekan pegas sehingga kampas rem akan kembali pada posisinya setelah digunakan karena sifatnya elastis. Pegas pengembali ini juga menjaga sepatu rem supaya kembali renggam dengan tromol dan hasilnya roda bisa kembali berputar.

  • Pivot Pin

Fungsi dari komponen ini adalah menjaga sepatu rem yang ada di area pangkal untuk bergerak membuka dan juga menutup. Pivot pin ini letaknya di pangkal sepatu rem yang berperan sebagai pusat dari sepatu rem itu sendiri.

  • Sepatu Rem

Sepatu rem atau brake shoe atau sering disebut juga kampas rem berperan sebagai media gesek dengan tromol untuk menghentikan laju sepeda motor. Dan sepatu rem umumnya terbuat dari bahan – bahan seperti asbes, bahan organik, dan keramik yang tujuannya aga meningkatkan niali gesek.

  • Tromol

komponen yang satu ini juga sering disebut drum brake yang mana fungsinya sebagai media gesek oleh sepatu rem supaya gaya putar pada roda kendaraan bisa dihentikan. Tromol sendiri biasanya dibuat darii metal padat yang tahan terhadap panas.

Viral :   Spesifikasi Lengkap Motor BMW R18 Classic Yang Harganya Sentuh Rp1 M

Cara Kerja Rem Mekanik

Setelah kita mengetahui dari Fungsi Pedal Rem pada kendaraan Beserta Komponen – komponen penunjangnya, maka selanjutnya cara kerja rem tromol mekanik. Ketika pedal rem / handel rem belum ditekan maka belum ada gaya yang akan di teruskan ke tuas penggerak ke cam dalam tromol sehingga kamps rem juga kondisi diam. Kampas rem yang diam ini belum membuat gesekan dengan tromol sehingga belum terjadi pengereman.

Kinerja Rem mekanik dimulai saat anda menekan pedal rem atau tuas rem, maka batang penghhubung akan ikut tertarik diikuti gerakan tuas penggerak yang ada dibagian tutup tromol luar. Kemudian tuas penggerak ini akan meneruskan gaya ke cam yang terdapat di dalam. Tromoluntuk mendoronog sepatu rem yang menekan tromol. Nah pada saat pedal rem tidak difungsikan, amaka pegas penegmbali akan mengembalikan posisi sepatu rem ke posisi semula, alhasil roda sepeda motor anda dapt berputar kembali.

Viral :   Modifikasi Air Suspension Motor, Bolehkah?

Demikianlah ulasan tentang Fungsi Pedal Rem Sepeda Motor Beserta Komponennya yang telah kami rangkum. Semoga informasi ini bermafaat bagi anda 🙂