Kelebihan Motor DC
Kelebihan Motor DC

Kelebihan Motor DC beserta Kekurangannya

Kelebihan Motor DC ialah lampu dapat menyala lebih stabil bahkan sebelum mesin sepeda motor dinyakakan. Sistem kelistrikan motor terbagi menjadi dua yakni, DC (Direct Current) dan AC (Alternate Current). Pengguna kendaraan sepeda motor tentu perlu tahu tenatang kelistrika yang ada dalam mesin sepeda motornya, supaya anda tidak salah saat melakukan perbaikan ataupun ketika anda ingin mengganti komponen mesin. Kedua jenis sistem kelistrikan ini punya perbedaan yang cukup signifikan, salah satunya ditandai dengan lampu bagian depan motor dan sepeda motor yang menggunakan kelistrikan DC aliran listrik sudah ada bahkan ketika mesin belum dinyalakan. Nah, pada kesempatan kali ini wartaoto.com akan menguglas tentang kelebihan motor yang menggunakan sistem kelistrikan DC, simak sampai akhir ya!

Viral :   Fungsi Dinamo Starter Motor dan Cara Kerjanya

Pada kendaraan motor yang mengusung sistem kelistrikan DC ini lampu depannya akan menyala langsung ketika kunci kontak diputar di posisi ‘ON‘. Selanjutnya, pada saat mesin motor dihidupkan, secara otomatis listrik akan bertambah dan menyala lampu tidak akan meredup.

Kelebihan Motor Kelistrikan DC

Motor yang memakai kelistrikan DC punya kelebihan yang berbanding balik dengan motor kelistrikan AC. Kelebihannya yaitu lampu motor anda mammpu menyala lebih stabil walaupun mesin sepeda motor belum anda nyalakan. Lampu kendaraan anda bisa menyala dengan terang ini karena memakai listrik yang arusnya sendiri berasal dari aki, alhasil kelistrikan pun menjadi lebih stabil. Selain itu, komponen lain juga berimbas baik seperti bohlam bisa lebih awet dan resiko terbakar atau rusak pun lebih rendah.

Viral :   Merk Knalpot Ninja RR Racing Tingkatkan Performa

Kekurangan Kelistrikan Motor DC

Terlepas dari kelebihan sistem kelistrikan diatas yang sangat membantu pengendara, motor dengan kelistrikan ini juga mempunyai kekurangan. Kekuranganya ada di bagian aki, psalnya karena arus yang digunakan Direct Current (DC) ini berasal dari aki, sehingga kinerja aki menjadi lebih besar dan beban yang diterima aki juga menjadi lebih setiap saat, bahkan pada saat mesin belum dinyalakan. Akibatnya aki pada motor dengan kelistrikan DC menjadi gampang soak, untuk itu anda perlu rutin melakukan pengecekan aki agar kelistrikan tetap berfungsi dengan stabil.

Demikianlah ulasan singkat tentang Kelebihan Motor DC beserta Kekurangannya dari wartaoto.com. Semoga bermanfaat 🙂