Fungsi Noken As Motor
Fungsi Noken As Motor

Fungsi Noken As Motor. Simak Selengkapnya Disini!

Fungsi Noken As Motor ini untuk mengatur pasokan bahan bakar menuju ke arah ruang pembakaran supaya dapat menghasilkan tenaga. Noken As sendiri adalah komponen yang penting pada sepeda motor yang berguna untuk menentukan mati atau hidupnya motor yang letaknya di bagian peenghubung mesin dengan bahan bakar. Tentu jika anda memiliki sepeda motor, tak hanya soal mahir mengendarai saja, tetapi anda juga dituntut memahami sedikit banyaknya seluk beluk mesin kendaraan beserta komponen – komponen pendukungnya, salah satunya komponen Noken As.

Bagi sebagian kalangan mungkin Noken As masih terdengar cukup asing, namun tentu tidak bagi mekanik sepeda motor sebab sudah menjadi hidangan sehari – hari. Noken As ini beasal dari Bahasa Belanda. Sedangkan dalam bahas Inggris kompponen sau ini sebut camshaft dan dikalangan mekanik biasa menyebutnya dengan istilah ‘kem’. Fungsi Noken As Motor Ini akan anda temui di sparepart roda dua, khususnya sepeda motor jenis empat tak dan tidak ada pada mesin motor jenis dua tak. Keberadaan Noken As memang dipakai untuk mengatur pasokan bahan bakar dan juga udara ke arah ruang pemabakar yang nantinya dapat menghasilkan power / tenaga sehingga mesin sepeda motor dapat bekerja.

Viral :   4 Aksesoris NMAX yang Laris Manis di Pasaran

Fungsi Noken As pada sepeda motor

Karena Fungsi Noken As Motor ini untuk mengatur pasokan bahan bakar menuju ruang pembakaran supaya menghasilkan tenaga, maka besar kecilnya tenaga yang dihasilkan pun sangat bergantung pada komponen Noken As ini. Jika kinerja Noken As optimal, maka tenaga yang didapatkan pun juga optimal dan begitu juga sebaliknya. Noken As ini juga berupa pengaturan buku tutup klep yaitu jalan masukknya bahan bakar ke ruang bakar, sehingga dari sini terlihat bahwa Noken As ini tidak bisa bekerja sendirii melainkan juga berhubungan dengan komponen – komponen lainnya.

Penyebab Kerusakan

Kerusakan Noken As ini sering kali terjadi yang berujung dengan penggantian dengan yang baru sebab kerusakannya sudah tak bisa di toleransi. Pada jenis mesin empat tak memeerlukan 4 tahapan langkah. Turun naik piston untuk setiap satu periode pembakaran. Maka secara otomatis, dalam 1 periode pembakaran kruk as harus berputar 2 kali agar bisa menghailkan 1 putaran penuh yang sempurnaw. Nah dalam putaran itulah akan terjadi berebagai tahapan, yakni hisap, kokmpresi tenaga,  serta pembuangan sisa pembakaran yang terjadi. Jika disimpulkan dari kinerjanya, ternya komponen Noken As ini cukup berat karena berjalan secara terus menerus, alhasil komponen ini memiliki resiko kerusakan yang tinggi. Untuk itu tips dari kami untuk mencegah kerusakan Noken As ialah; pastikan pemasangannya tepat dan jangan rubah atau memodifikasi Noken As.

Viral :   Honda Rebel 500, Moge Honda Terlaris di Indonesia

Itulah informasi terkait Fungsi Noken As Motor dari wartaoto.com, semoga ulasan ini bermanfaat 🙂