Penyebab Kopling Motor Tidak Berfungsi
Kopling Motor

Penyebab Kopling Motor Tidak Berfungsi

Penyebab Kopling Motor Tidak Berfungsi ini biasanya karena jarak bebas terlalu jauh atau kopling terlalu pendek dan juga berhubungan dengan setelan tuas yang dirubah. Kopling motor sendiri memiliki peran penting saat berkendara yakni berfungsi untuk memutuskan energi dari mesin ke transmisi ketika akan memasukkan gigi. Selain itu, kopling juga berperan untuk membuat sepeda motot tetap diam meskipun dalam kondisi menyala tanpa menetralkan gigi. Tentu keadaan ini sangat berguna ketika berada di kemacetan atau menunggu lampu merah. Maka dari itu komponen yang satu ini pastikan selalu dalam keadaan prima.

jika kopling motor tidak berfungsi seperti semestinya maka akan sangat berbahaya, sebab pengendara tidak akan bisa menetralkan gigi dan laju motor menjadi sulit dikendalikan yang akhirnya dapat menyebabkan kecelakaan. Agar hal – hal yang tidak diinginkan ini terjadi, alangkah baiknya kita perlu mengenali Penyebab – penyebab Kopling Motor Tidak Berfungsi. Dibawah ini wartaoto.com telah merangkumnya. Yuk simak sampai tuntas!

Viral :   Fungsi ECU Motor dan Dampak Kerusakannya

Daftar Isi

Penyebab Kopling Motor Tidak Berfungsi

  • Kampas kopling habis

Kampas kopling yang telah habis bisa menyebabkan gesekan antara bingkai plat kopling dan plat penekan, dimana kedua komponen ini terbuat dari bahan logam. Gesekan antar logam ini yang menyebabkan plat – plat kopling menempel sehingga kopling pada sepeda motor tak berfungsi dengan benar walaupun tuas sudah mentok. Penyebab Kopling Motor Tidak Berfungsi yakni habisnya kampas kopling bisa anda tandai dengan bau hangus yang menyengat, akselerasi kurang responsif sehingga kecepatan kurang maksimal & terjadi selip kopling.

  • Kurang Pelumas

Selanjutnya kurangnya pelumas ini juga kerap memicu Penyebab Kopling Motor menjadi Tidak Berfungsi. Kopling sendiri punya jenis yang cukup beragama, diantaranya kopling gesek yang terdiri dari dua macam yaitu kopling kering (yang tidak terendam oli) dan kopling basah (yang terendam oli). Untuk jenis kopling basah kinerja sangat bergantung pada jumlah oli, sehingga jika olinya kurang, dapat terjadi gesekan antar plat atau slip. Maka solusinya anda harus rutin mengecek oli karena oli harus selalu dalam kondisi cukup.

  • Plat kopling peyot / bengkok

Berikutnya adalah plat kopling bengkok. Dalam komponen kopling terdapat 5 macam plat kopling, jika salah satu plat ini bengkok maka bisa membuat plat lainnya menjadi saling menempel. Jika sudah terlanjur begini, maka solusi satu – satunya dengan mengganti plat kopling supaya performa sepeda motor anda normal kembali.

  • Kopling terlalu pendek

Terakhir, kondisi kopling yang terlalu pendek juga bisa menyebabkan Kopling Motor Tidak Berfungsi. Mulanya, kebanyakan pengguna sepeda motor kurang nyaman dengan kopling tinggi dan memutuskan untuk memodifikasi kopling. Nah dalam beberapa kondisi, terkadang penyetelan atau modifikasi ini terlalu berlebihan sehingga kopling menempel dan tidak berfungsi dengan benar lagi.

Viral :   Daftar Merk Knalpot Racing Nmax Terbaik