Aki Motor Baru Tapi Tidak Berfungsi
Aki Motor

Aki Motor Baru Tapi Tidak Berfungsi

Aki Motor Baru Tapi Tidak Berfungsi kerap terjadi kepada beberapa pengguna sepeda motor. Aki motor atau disebut juga accumulator (accu) yang mana memiliki fungsi yang cukup vital dalam kendaraan. Diantara fungsi pentingnya yakni pertama; untuk menyalurkan energi listrik ke seluruh komponen – komponen yang membutuhkan aliran listrik misanya seperti starter ekektrik, klason, lampu dan sebagainya, kedua; untuk menyimpan energi listrik. Yang berupa tegangan & arus yang diperoleh spull. Jika listrik sudah dihasilkan oleh putaran spull / alternator, maka aliran listrik akan naik menuju regulator (kiprok) unutuk dikonvert menjadi arus satu arah (DC). Selain itu, besaran arus listrik juga akan diatur olej komponen kiprok supaya pas atau sesuai pada aki.

Nah, aki motor sendiri sama seperti komponen – komponen lainnya yaitu juga mempunyai resiko kerusakan sehingga tidak dapat menyimpan energi listrik hingga tekor atau aus dengan berbagai penyebabnya. Mulai dari perawatan yang kurang tepat, sistem pengisian bermasalah, atau masa pakai yang sudah cukup lama yakni lebih dari 6 tahun. Jika aki motor anda rusak sebaiknya lakukan tindakan segera mungkin. Adapun jika anda telah mengganti Aki Motor Baru Tapi Tidak Berfungsi juga, maka kemungkinan ada beberapa penyebabnya. Yuk simak ulasan dibawah ini.

Viral :   7 Motor Listrik Terbaik Tahun 2021, Dua Diantaranya Karya Anak Bangsa

Daftar Isi

Penyebab Aki Motor Baru Tidak Berfungsi

  • Sekring atau fuse kemungkinan terputus

Fungsi Sekring / fuse sendiri adalah untuk mengamankan arus listrik. Bila terjadi korslet, biasanya sekring akan terputus. Akibatnya sama seperti kabel yang putus yaitu arus listrik maupun kelistrikan menjadi tidak normal lagi. Nah dari sini meskipun anda mengganti Aki Motor Baru tetapi ternyata sekring terputus, maka aki yang baru tadi tidak dapat berfungsi karena aliran listrik terganggu.

  • Kabel bermasalah

Selanjutnya penyebab dari Aki Motor Baru Tapi Tidak dapat Berfungsi ialah adanya kabel di bagian aki yang mngkin kurang terpasang atau bahkan terputus. Walaupun kabel pada aki terbilang tebal, namun terkadang pada kondisi tertentu bisa berkarat, rapuh sampai terputus.

  • Kerusakan pada kiprok

kiprok sendiri mempunyai peran untuk mengubah arus listrik serta menyalurkan listrik ke aki dengan tepat. Kerusakan pada kiprok ditandai dengan kiprok tidak panas ketika mesin sudah menyala, akibatnya aki tidak dapat mengisi.

  • Spull rusak

Spull (alternator) umumnya jarang rusak, namun jika anda sering menggunakan sepeda motor tanpa memasang aki, maka spul anda bisa mengalami risiko kerusakan yang tinggi. Sebenarnya kerusakan pada spull dan kiprok ini mirip karena sama – sama membuat sistem pengisian terganggu. Jadi walaupun anda sudah memakai Aki Motor Baru Tapi tetap Tidak Berfungsi karena pengisiannya terganggu sehingga aki menjadi tekor. Mungkin pada beberapa kasus, aki akan tetap menyala beberapa saat dan kemudian lama kelamaan akan tekor / aus.

Viral :   Harga Honda CBR 1000 RR Terbaru

Itulah penyebab Aki Motor Baru Tapi Tidak Berfungsi dari wartaoto.com. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda 🙂