Fungsi Oli Samping
Oli Samping pada Motor 2 Tak

Fungsi Oli Samping pada Motor 2 Tak

Fungsi Oli Samping pada Motor 2 Tak Adalah sesuatu yang penting dalam kendaraan, diantara fungsinya yaitu untuk melumasi bagian silinder bagian mesin yang oli samping nantinya kaan ikut terbakar bersama bensin / bahan bakar. Sepeda motor dengan mesin 2 tak / 2 stroke memang tak lagi diproduksi di Indonesia karena mengingat motor bermsein 2 tak ini diklaim tidak ramah lingkungan dan Indonesia juga telah mengikuti standar emis Euro 4 tahun 2018. Oleh karena itulah pemerintah Indonesia menerapkan larangan kepeda seluruh pabrikan motor tanah air untuk produksi motor mesin 2 tak ini.

Terlepas daari itu, jenis motor 2 tak hingga kini banyak banyak digandrungi para pecinta motor lama dengan harga pasaran yang cukup fantastik. Misanya seprti sepda motor Yamaha RX-King & Yamaha F1ZR. Sudah menjadi rahasi. Umum bahwa Fungsi Oli Samping pada Motor 2 Tak ini membuatnya lebih gahar baik suaranya maupun tenaganya serta akselerasinya yang diklaim lebih ringan. Tetapi sayangnya motor 2 tak ini sangat boros bahan bakarnya dan asap pekat dari knalpotnya dinilai tidak ramah lingkungan alias polusi udara. Tak hanya, anda juga harusmengeluarkan biaya lebih untuk menjaga Fungsi Oli Samping pada Motor 2 Tak ini agar tetap prima. Lalu apa saja sebenarnya Fungsi Oli Samping yan ada di sepeda Motor 2 Tak. Simak ulasan lengkap dari wartaoto.com dibawah ini.

Viral :   Kenali 5 Gejala Busi Motor Mio Akan Mati!

Daftar Isi

Fungsi Oli Samping pada Motor 2 Tak

  • Sebagai pelumas mesin 2 tak

Oli samping adalah oli yang masuk ke dalam silinder & head di mesin 2 tak. Oli samping ini akan memberikan pelumas di bagian silinder yang tak bisa dilakukan oleh oli mesin biasa. Karena pada bagian silinder ini memiliki gesekan yang sangat cepat & kuat sehingga membutuhkan pelumas otimal untuk memaksimalkan gesekan tersebut.

  • Meningkatkan performa motor 2 tak

Semakin baik kualitas oli samping & semakin pas jumlah oli samping yang masuk ke dalam silinder lalu terbakar, maka performa mesin motor 2 tak pun akan semakain sempurna.

  • Mencegah kerusakan di bagian silinder & head

Jika kehabisan oli samping maka akibatnya akan fatal. Karena ketika mesin 2 tak tidak menggunakan oli samping, maka bagian silinder akan hancur, misalnya bagian  dinding silinder baret, ring piston aus dan kruk as yang juga aus. Dari sinilah penting nya oli samping  yaitu untuk mencegah aus atau rusaknya pada bagian siliinder & head.

Viral :   Tips Memilih Aki Motor yang Bagus dan Berkualitas