Fungsi Komstir Motor
Komstir Motor

Fungsi Komstir Motor dan Ciri-ciri Komstir Rusak

Fungsi Komstir Motor untuk meringakan serta menstabilkan gerakan setang setir pada motor. Sebenarnya Komstir Motor di batang setir motor punya cara kerja yang sama dengan klaher / bearing pada roda sepeda motor. “Kalau di bagian roda biasanya terdapat bearing / klaher yang kinerjanya juga mirip dengan. Fungsi Komstir di pata setir” kata Zenal, owner bengkel spesialis motor matic.

Bagi roda sepeda motor, bearing / klaher itu.  Fungsinya untuk memperlancar putaran ban. Sementara bearing di Komstir gunanya untuk memperlancar gerak setang setir. Pada komponen Komstir Motor sendiri ada race ball (biasa dikenal dengan pelor / gotri) atau ada juga yang bentuknya seperti bearing. Supaya kinerja geraknya ringan, biasanya pada bagian race ball atau pelor ini diberi grease. “Race ball atau pelor ini akan bergerak mengikuti rumah komstir” tambah zenal.

Viral :   Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli Motor Matic Keluaran Terbaru

Selanjutnya, setelah kita sudah mengetahui betapa pentingnya Fungsi Komstir di sepeda motor. Wartaoto.com akan menjelaskan ciri – ciri Komstir Motor Yang menurun atau bahkan rusak.

Ciri – ciri Komstir Motor Rusak

  • Setang kemudi bergetar

Bila anda sering berkendara dengan kecepatan yang tinggi, dan mulai timbul getaram di bagian kemudi, maka segera cek atau perbaiki komstir anda. Getaran yang disebabkan komstir rusak itu berbeda dengan getaran akibat roda. Getaran dari komstir yang bermsalah biasanya akan terasa ke semua bagian tubuh kita.

  • Muncul suara gelutuk di bagian setang

Fungsi Komstir Motor yang bermasalah akan mengeluarkan bunyi yang mengganngu misalnya seperti bunyi gelutuk. Bunyi gelutuk ini akan sangat terasa pada saat melakukan pengereman rem depan. Suara gelutuk ini akan mengganggu juga ketika melintasi jalanan yang tidak rata atau berlubang.

  • Setang sulit dikemudikan
Viral :   Apa Saja Perbedaan Nmax ABS dan Non ABS, Berikut Penjelasannya

ketika Komstir bermasalah, maka setang atau setir sepeda motor anda akan sulit dikendalikan bahkan bisa hilang kendali. Komstir yang rusak akan hilang keseimbangan dan akan terjadi hal – hal aneh seperti ingin belok ke kanan justru malah belok ke kiri. Tentu ini sangat berbahaya bagi pengendara karena bisa mengakibatkan kecelakaan.

  • Pengereman bermasalah

Ketika melakukan pengereman saat berkendara kendaraan anda tak langsung berhenti, ini terjadi bila Fungsi Komstir pada sepeda Motor rusak.