Fungsi Fuel Pump Motor
Fuel Pump Motor

Fungsi Fuel Pump Motor dan Gejala Kerusakannya

Fungsi Fuel Pump Motor untuk memompa bahan bakar, dimana cara kerjanya ketika bahan bakar sudah dipompa ditangki maka akn dialirkan munju ruang pembakaran. Proses pengaliran bahan bakar menuju ruang pembakar yang dilakukan komponen Fuel Pump Motor ini berbeda – beda sesuai dengan teknologi mesin yang dipakai. Contohnya pada motor yang memakai sistem mesin karaburator yang bahan bakarnya akan dipompa kek semua komponen karburator. Sedangkan bagi sepeda motor dengan sistem injeksi, bahan bakar akan dipompa ke injektor.

Pada sistm injeksi sendiri, Fungsi Fuel Pump cukup rumit sebab juga harus menghisap bahan bakar dari tangki, sehingga Fungsi Fuel Pump di mesin injeksi bukan hanya mengalirkan bahan bakar saja. Untuk lebih detailnya, mari simak ulasan wartaoto.com berikut ini.

Viral :   Harga dan Spesifikasi Terbaru Ducati Monster 821

Gejala Kerusakan Fuel Pump Motor

Berhubung Fungsi Fuel Pump pada kendaraan sangat penting, maka anda harus rutin merawatnya. Jangan sampai Fuel Pump Motor sudah mulai rusak, anda baru melakukan perawatan. Umumnya sepeda motor keluaran sekarang banyak mengusung teknologi injeksi, sehingga di bagian tangki bahan bakarnya terdapat fuel pump (pompa bahan bakar). Seperti yang kami jelaskan diatas Fungsi Fuel Pump pada sepeda motor untuk menyedot bensin / bahan bakar pada tangki lalu di alirkan menuju injekstor dan terakhir disemprotkan ke ruang pembakaran. Nah, jika komponen Fuel Pump Motor ini rusak, tentu volume bahan bakar yang dialirkan menjadi tidak maksimal, alhasil bisa memicu masalah lain.

Ade Rahman, Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) mengatakan bahwa kondisi Fuel Pump Motor yang rusak biasnya memiliki bebrapa gejala. “Boleh jadi kurang tenaga, brebet, atau bahkan bisa langsung mogok jika kerusakan Fuel Pump Motor terbilang parah” kata Ade.

Viral :   Tips Aman Mengendarai Sepeda Motor di Musim Hujan

“Fuel Pump Motor sendiri punya tekanan standar yaitu kisaran 263 kPa sampai 319 kPa” tambah Ade.

Sementara Kepala Bengkel AHASS Cibinong, Asep Suherman mengatakan untuk mengecek tekanan pada komponen Fuel Pump Motor diperlukan alat khusus. “Biasanya kami mengecek tekanan Fuel Pump pada sepeda Motor memakai fuel pressure gauge yaitu alat khusus untuk memeriksa pompa bahan bakar” ujar Asep.

Asep Suherman juga menambahkan, bila tekanan Fuel Pump kurang dari standar, maka pasti Fungsi Fuel Pump Motor bermasalah atau bahkan rusak.