Pengaruh Ampere Aki Motor Lebih Besar
Pengaruh Ampere Aki Motor Lebih Besar

Pengaruh Ampere Aki Motor Lebih Besar

Pengaruh Ampere Aki Motor Lebih Besar dapat membebani kinerja sistem pengisian listrik pada sepeda motor seperti spul. Komponen spul bisa bermasalah bila dipaksa untuk terus mengisi daya ke aki, sementara amperenya jauh lebih besar dari aki bawaan sepeda motor. Tentu hal ini harus diwaspadai, sebab penggantian aki dengan ampere yang lebih gede bisa membuat kantong jebol. Bagi pengendara yang ingin ganti ampere aki motor lebih besar dari standarnya, lebih baik ditunda dahulu.

Tak hanya dapat membuat jebol, ganti aki motor lebih besar justru bisa membebani kinerja sistem kelistrikan pada sepeda motor. Anda perlu pertimbangan yang matang dalam memilih aki motor supaya aki pada sepeda motor anda bisa lebih awet serta komponen – komponen pendukung lainnya juga aman.

Viral :   Komponen Karburator Motor dan Fungsinya

Salah satu mekanik bengkel Duta Battery, Budi Rianto berkata bahwa terdapat tiga poin penting yang harus dipertimbangkan dalam memilih aki untuk sepeda motor. “Yang terpenting itu kapasitas, spesifikasi dan juga dimensi aki pengganti wajib sama seperti aki bawaan motor yang akan diganti” kata Wahyu.

Dibawah ini wartaoto.com telah merangkum beberapa Pengaruh Ampere Aki Motor Lebih Besar yang biasanya terjadi kepada pengguna sepeda motor.

  • Aki mudah rusak

Seperti yang sudah dijelaskan diatas,Pengaruh Ampere Aki Motor Lebih Besar yang paling signifikan adalah aki menjadi cepat rusak. Misalnya pada sebuah sistem pengisian mampu mengisi maksimal aki kapasitas 4 Ampere, kemudian kita mengganti aki dengan kapasitas 6 Ampere, maka aki akan susah terisi penuh karena spesifikasi spull & aki yang berada dibawah spesifikasi kapasitas aki tersebut.

  • Performa aki menurun
Viral :   Fungsi Magnetic Switch Motor Starter dan Cara Kerjanya

pengaruh berikutnya adalah performa aki motor menjadi tidak maksimal lagi. Karena ampere aki yang lebih besar ini kan sulit terisi penuh bila sistem pengisisan masih mengikuti spek standar.

  • Kiprok & Spull cepat rusak

pada aki yang ampere nya lebih besar & kiprok terus bekerja di luar kemampuannya, tentu ini bisa menyebabkan kiprok lebih cepat panas dan akhirnya rusakm yang ditandai dengan gosong.

Itulah Pengaruh dari Ampere Aki Motor Lebih Besar yang bisa kami bagikan. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda 🙂