Fungsi Master Rem Motor
Master Rem Motor

Fungsi Master Rem Motor beserta Komponennya

Fungsi Master Rem Motor ini sangat besar karena fungsinya merubah gerakan mekanis menjadi tekanan hidrolik. Rem Motor punya beberaa jenis dan juga komponen yang berbeda – beda, diantaranya ada komponen yang sangat menentukkan yaitu master rem. Setiap pengendara perlu mengetahui apa si Fungsi dari Master Rem Motor sehingga ketika rusak bisa segera mengatasinya. Ketika Master Rem di Motor rusak, tentu akan menjadi masalah tersendiri dan kemanan berkendara juga terancam, seperti kecelakaan. Untuk menghindari hal – hal yang tak diinginkan, simak ulasa dari wartaoto.com dibawah ini.

Fungsi Master Rem Motor

Master Rem Motor atau master silinder merupakan salah satu bagian dari rem hidrolik yang memanfaatkan tekanan oli di dalam proses pengeremannya. Secara kinerja, Fungsi Master Rem Motor ini cukup besar yaitu merubah gerakan pada pedal motor menjadi tekanan hidrolik. Kemampuan master rem ini dibantu oleh tabung & juga piston. Komponen piston akan terhubung pedal rem sehingga gerakannya menjadi bolak balik di tabung. Tekanan inilah yang nantinya bisa menghasilkan dorongan yang menjepit cakram. Pada saat dorongan dari master rem motor besar makan akan lebih abik lagi tingkat pengeremannya. Agar bekerja dengan lancar Master Rem Motor Juga terdiri dari beberapa komponen pendukung, dianataranya:

Viral :   Fungsi Reset ECU Motor. Simak Selengkapnya!

Komponen Master Rem Motor

  • Reseivoir tank berperan menampung minyak rem cadangan, dimana minyak tersebut akan dipakai pada master rem motor / master silinder rem.
  • White cap, bagian ini adalah penutup tangki yang menampung minyak silinder rem
  • Diaphragm merupakan seal (pengunci) dari bahan karet yang fungsinya menjaga agar rem yang di dalalm tangkitak terkena udara luar secara langsung
  • Level sensor adalah sebuah sensor dan fungsinya untuk mengecek bila minyak rem yang di dalam tangki sudah habis.
  • Master cylinder body berfungsi sebagai tempat kinerja piston dan seal master silinder rem
  • Return Spring adalah pegas pengembali sehingga piston dapat kembali di iposisi semula
  • Primary piston adalah piston utama untuk rem depan dan juga memiliki seal di bagian ujungnya.
  • Secondary piston ialah piston sekunder yang terletak di rem belakang dan memiliki seal di kedua ujungnya.
  • Return port adalah sebuah lubang katup yang berperan untuk pengembalian minyak rem dari ruang tekanan ke arah reservoir tank.
  • Inlet port adalah lubang untuk mengisi minyak rem dari reservoir menuju ruang tekanan minyak rem.
Viral :   Fungsi CDI Motor dan Komponennya

Penyebab kerusakan Master rem motor

– kotoran atau debu yang menggumpal

– sering melewati jalur yang banjir

– kurangnya perawatan