Fungsi Pulser pada Motor

Fungsi Pulser pada Motor. Simak Selangkapnya!

Fungsi Pulser pada Motor adalah untuk mendeteksi posisi piston motor dari pipck up magnet, yang kemudian aliran listrik akan diteruskan ke CDI & TCI sehingga terjadi proses pengapian di busi. Komponen penting pada motor tak hanya mesin tapi juga sistem kelistrikan. Tanpa arus listrik, maka lampu & starter motor tidak bisa menyala. Adapun listrik pada motor punya bebarapa rangkaian yagn berpusat di aki. Pada aki sendiri terdapat bagian yang sangat penting yaitu pluser. Apakah anda tahu apa itu pulser? Dan apa Fungsi Pulser pada Motor? Yuk simak ulasan wartaoto.com ini

Sepeda motor yang berbahan bakar bensin memerlukan busi guna menciptakan pengapian untuk menyalakan mesin. Maka jika dibagian busi terjadi masalah, motor anda tidak bisa dinyalakan. Pada busi sendiri membutuhkan sistem kelistrikan agar bisa menciptakan pengapian di awal kendaraan dinyalakan. Nah disinilah Fungsi Pulser pada Motor yaitu sebagai menentu waktu yang tepat kapan TCI (Transistor Control Ignition) & CDI (Capacitor Discharge Ignition) memantikan listrik.

Viral :   Spesifikasi Honda Supra GTR 150 Serta Kelebihan dan Kekurangannya.

Jadi Pulser Motor merupakan sebuah alat penting di dalam rangkaian mesin sepeda motor. Pulser ini terbuat dari bahan besi dengan kandungan magnet yang dililitkan kawat tembaga khusus. Pada saat ujung Pulser motor ditempelkan logam lalu ditarik berulang, maka ujung tersebut mampu mengalirkan arus listrik dan besar kecilnya arus listrik dapat dilihat melalui avometer.

Selain itu, Fungsi penting Pulser pada Motor ini adalah timing yang tepat dalam mengalirkan listrik. Pulser Motor juga disebut dengan pick up coil / spul pulser dan pada mesin sepeda motor biasanya ada dua jenis pulser yang memiliki fungsinya masing – masing.

1. Pulser negatif

pulser negatif merupakan bagian ujung belakang pulser. Bila tonjolan magnet melewati pulser, maka pulser negatif akan terbentuk. Sementara jika ujung paling belakangnya melewati pulser maka pulser positif akan muncul. Ada banyak sepeda motor yang memakai pluser negatif dengan 2 kabel, sepert sepeda motor Suzuki Satri FU.

Viral :   Nama-nama Spare Part Motor Dan Fungsinya

2. Pulser positif

Pulser positif terletak di bagian ujung alat & paling depapn dari tonjolan magnet. Pulser positif ini berkerja pada saat advance timing berada di rpm menengah ke atas. Sementara pulser negatif akan bekerja ketika rpm di angka menengah ke bawah.