Sepeda Motor Listrik Gesits, Siap Ramaikan Pasaran di 2021

Kendaraan berbasis listrik semakin hari semakin dikembangkan dan banyak inovasinya. Selain untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang semakin habis, kendaraan ini juga diklaim lebih ramah lingkungan. Salah satunya adalah sepeda motor listrik Gesits. Kendaraan ini tidak menghasilkan gas buangan ke udara sehingga tidak menimbulkan polusi. Gesits sendiri merupakan sepeda motor buatan asli Indonesia.

Hal ini dilakukan untuk memberikan jawaban terhadap keraguan pada kemampuan mandiri anak-anak Indonesia di bidang transportasi. Hingga saat ini, sepeda motor listrik Gesits masih terus dikembangkan agar dapat bersaing di kelas Internasional. Namun begitu, motor ini juga telah mulai dijual dan dapat dipesan. Sepeda motor ini sendiri pertama kali dicoba pada tahun 2018 oleh Presiden Jokowi.

Spesifikasi Sepeda Motor Listrik Gesits

Sepeda motor listrik ini merupakan skuter matic yang digerakkan karena adanya listrik dari daya baterai yang melengkapinya. Lahirnya Gesits ini mendapat dukungan dari pemerintah yang sedang menggalakkan peralihan ke moda transportasi listrik. Untuk lebih jelasnya, berikut spesifikasi lengkapnya.

  1. Mesin

Gesits dilengkapi dengan motor listrik permanent managemennt synchronous motor yang ditambah dengan pendingin udara. Motornya ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 6,7 dk pada 3.600 rpm dengan torsi sebesar 30 Nm pada 2.125 rpm. Mesinnya dilengkapi dengan waterproof concept for safety. Untuk sekali pengisian baterai tunggalnya secara penuh, motor mampu menempuh jarak hingga 50 km.

Viral :   Jangan Abaikan Perawatan Rantai Sepeda Motor

Sedangkan untuk baterai ganda, kendaraan ini mampu menempuh hingga jarak 100 km. Dalam urusan akselerasi, untuk mencapai laju dari 0 hingga 50 km/jam, motor ini hanya butuh waktu selama 5 detik. Selain itu, untuk kecepatan maksimum yang dapat dicapai adalah sebesar 70 km/jam. Baterainya sendiri yaitu Lithium-ion dengan kapasitas 3 kWh. Untuk pengisian dengan daya normal, dibutuhkan waktu selama 3-4 jam.

  1. Desain

Sepeda motor matic berbasis listrik ini memiliki kerangka dengan bahan utama baja. Bobot sepedanya sendiri yaitu sebesar 94,5 kg dengan dimensi panjang 1.947 mm, lebar 674 mm dan tinggi 1.135 mm. Beberapa garis bodi yang mewarnainya didesain dengan garis-garis yang tajam. Tidak hanya itu, motor ini didesain lebih ramping dengan sentuhan yang sporty sehingga cukup menarik konsumen di pasaran.

Panel indikator yang ada pada motor menggunakan konsep smartphone yang berbasis Android sehingga akan memberikan tampilan yang lebih modern serta memberikan informasi yang tepat dan akurat. Teknologi yang hadir ini amat sesuai untuk kaum muda saat ini yang hampir semua kegiatan selalu melibatkan smartphone.

Skuter matic ini dilengkapi dengan lampu Daytime Running Light (DRL) dengan model yang memanjang dari sisi depan hingga samping bodi depan. Pada bagian belakang, kendaraan dilengkapi lampu yang sama dengan desain yang memanjang dari belakang hingga samping bodi belakang. Gesits menawarkan tiga mode berkendara, yaitu eco, urban, dan sport mode.

  1. Sisi Keamanan
Viral :   Harga dan Spesifikasi Terbaru Kawasaki Versys 250 2021

Memiliki konsep waterproof, sepeda motor ini diklaim aman dikendarai di daerah-daerah yang rawan banjir. Motor listriknya mudah diisolasi dengan baik. Jadi, ketika motor terendam air pun, mesin masih dapat berfungsi dengan baik.

Motor listrik ditempatkan di atas rangka untuk memudahkan penyelesaian masalah ketika ban bocor. Gesits menerapkan teknologi keamanan detection and protection system failure.

Lampu yang didesain memanjang dikembangkan untuk menambah tingkat keamanan saat berkendara pada malam hari, yang sulit untuk mengenali medan. Selain itu, desain lampu juga akan meningkatkan keamanan akan keberadaan kendaraan yang ada di samping sehingga lampu penunjuk arah pun mudah diamati dan dapat mengurangi kejadian kecelakaan.

Untuk pengereman, baik roda depan ataupun belakang dilengkapi dengan double disk brake. Selain itu, fitur keamanan pun tersedia, yaitu Error Codes. Secara resmi, harga motor listrik Gesits dilepas di pasaran dengan harga sebesar Rp24 jutaan. Bagaimana, Anda tertarik?