Fungsi Remap ECU Motor
Remap ECU Motor

Fungsi Remap ECU Motor dan Kekurangannya

Fungsi Remap ECU Motor adalah untuk mengatur ulang settingan pada ECU motor. Settingan mesin motor yang pas tentu idaman semua orang, karena dengan settingan mesin yang pas bisa menjadikan tarikan lebih responsif dan juga menghindari mesin agar tak gampang ngempos. Untuk melakukan pengaturan mesin motor tentu harus memiliki keahlian khusus, karena untuk mendapatkan pengaturan / settingan yang pas terdapat beberapa faktor penentunya.

Sebenarnya Remap ECU Motor ini merupakan langkah yang dilakukan guna mengatur ulang settingan ECU atau Reflash ECU / tuning ECU yang tunjuannya agar mengkalibras ECU supaya bisa membuat performa mesin pada motor menjadi meningkat kembali.

Nah dalam bahasan kali ini terkait Fungsi Remap ECU pada Motor, dimana ECU berperan mengatur seluruh bagian yang terhubung dengan sistem injeksi seperti; campuran udara, riding mode, atau bukaan bensin dan lainnya. Untuk penanganan ECU Motor Injeksi bisa diatasi dengan remapping (remao ECU motor). Fungsi Remap ECU Motor Ini tak hanya menjadikan settingan / pengaturan motor kembali seperti awal, tetapi juga memiliki fungsi lain pada sistem injeksi motor.

Viral :   Bermotor di Jalanan, Ikuti Aturan Lalu Lintas Ini agar Selamat

Fungsi Remap ECU pada Motor

  • menjadikan motor dapat berakselerasi dengan sempurna
  • membuat torsi motor jadi lebih baik lagi
  • kecepatan motor menjadi lebih kencang
  • menjadika motor horse power / tenaga sepeda motor menjadi lebih maksimal

Kekurangan Remap ECU Motor

  • membuat bahan bakar menjadi sedikit boros dari sebelumnya
  • Membuat komponen ECU cepat rusak
  • Data – data yang disimpan ECU tak terbaca akibat kerusakan file

Remap ECU Motor ini hanya dapat dilakukan pada motor yang sudah memakai piggyback (ECU aftermarket), akan tetapi ada juga remapping ECU motor standar yang kini mulai banyak dilakukan oleh mekanik bengkel dengan menggunakan peralatan khusus.

Selanjutnya kapan waktu yang tepat untuk Remap ECU Motor? Waktu yang tepat untuk melakukan Remappping ECU Motor adalah ketika:

Viral :   4 Alasan Mengapa Tameng Knalpot Beat Harus Dipasang

– ketika mesin motor anda sudah ngempos / kehilangan kompresi

– tarikan motor hilang atau sudah tidak terasa

– tenaga sepeda motor lemot padahal mesin sudah dihidupkan

– dan Remap ECU Motor ini sangat disarankan untuk motor yang sudah pernah mengalami ubahan seperti dibagian knalpot atau bahkan mesin motor sudah bore-up (sudah naik kubikasi)