Fungsi Dinamo Starter Motor
Dinamo Starter Motor

Fungsi Dinamo Starter Motor dan Cara Kerjanya

Fungsi Dinamo Starter Motor sebagai penggerak roda ketika mesin dihidupkan. Dinamo Starter Motor merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan, karena pada saat mesin baru dinyalakan dinamolah yang akan memutar mesin untuk pertama kalinya, sehingga pengguna tak perlu mendorong / mengengkol agar mesin menyala. Karena Fungsi Dinamo Starter Motor ini vital, maka ketika terjadi kerusakan dapat menyebabkan motor tiak mau menyala atau tenaga yang dihasilkan menjadi tidak maksimal.

Dinamo Starter Motor punya resiko kerusakan yang sangat tinggi yang biasanya dikarenakan faktor aki yang soak, karbon brush habis, faktor solenoid rusak atau bahkan gulungan starter terbakar.

Fungsi Dinamo Starter Motor

Dinamo starter motor adalah komponen penting pada kendaraan bermotor yang bertugas untuk menghidupkan mesin. Komponen ini berperan sebagai penghasil daya listrik yang cukup besar untuk memutar mesin pada saat awal dihidupkan. Tanpa dinamo starter motor, mesin tidak akan bisa dihidupkan secara mandiri. Berikut adalah fungsi dinamo starter motor pada kendaraan bermotor:

  1. Menghasilkan daya listrik yang cukup besar Dinamo starter motor menghasilkan daya listrik yang cukup besar untuk menghidupkan mesin. Daya listrik ini diperlukan untuk menggerakkan starter motor dan memutar mesin.
  2. Memutar mesin pada saat awal dihidupkan Saat kunci kontak diputar ke posisi “On”, dinamo starter motor akan menyalakan motor listriknya dan menggerakkan gigi starter yang terhubung ke mesin. Dengan begitu, mesin bisa diputar dan mulai bekerja.
  3. Menjaga kestabilan daya listrik Dinamo starter motor juga berfungsi untuk menjaga kestabilan daya listrik pada sistem kendali mesin. Ketika mesin sudah menyala, dinamo starter motor akan mati dan daya listrik dialihkan ke aki untuk mengisi daya.
  4. Menjaga mesin tetap hidup Dinamo starter motor juga berfungsi untuk menjaga mesin tetap hidup ketika kendaraan sedang berjalan. Ketika kendaraan berjalan, dinamo starter motor akan menghasilkan daya listrik dan mengisi aki sehingga aki bisa terus memberikan daya listrik untuk menjalankan sistem kendali mesin.
  5. Mengurangi resiko kerusakan pada mesin Dinamo starter motor membantu mengurangi resiko kerusakan pada mesin akibat kesulitan dalam menghidupkan mesin. Jika mesin sulit dihidupkan, maka akan terjadi gesekan antara komponen mesin yang berpotensi merusaknya. Dengan adanya dinamo starter motor, mesin bisa dihidupkan dengan mudah dan mengurangi resiko kerusakan mesin.
Viral :   Honda Beat 2021 Rekomendasi Matik Hemat dan Ekonomis

Penting untuk selalu memperhatikan kondisi dinamo starter motor dan melakukan perawatan secara berkala agar dapat berfungsi dengan baik dan menghindari masalah saat menghidupkan mesin. Jika ada masalah dengan dinamo starter motor, sebaiknya segera diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

Cara kerja dinamo pada motor starter

ketika posisi kontak dalam posisi start. Maka arus listrik akan berjalan menuju pull in coil yang menghubungkan terminal 30 ke terminal C saat berada adi ground. Biasanya tidak akan ada arus listrik yang terputus pada tahapan ini yaitu arus listrik dari pull in coil ke ground. Seandainya arus listrik terputus berarti carbon brush telah habis, sehingga pull in coil tak dapat bekerja jika starter motor saja tak dapat dinyalakan. Maka dari itu, anda perlu memperhatikan apakah ciri -ciri carbon brush yang habis, yaitu salah satunya akan terdengar suara kontak pada relay saat terhubung starter. pada kondisi normal, pull in coil secara otomatis akan menarik kontak serta plunger dan shift level yang mendorong pinion supaya terhubung dengan flyhweel atau putaran dinamo. Nah saat tanda – tanda kerusakan mulai terlihat, segera bawa ke bengkel kepercayaan anda mengingat Fungsi Dinamo Starter Motor Ini sangatlah vital.

Ketika terminal 30 dengan terminal C terhubung, lalu pull in coil kan berhenti bekerja sebab voltase pada terminal 50 & terminal C hampir sama. Pada saat yang bersamaan dengan hold in coil yang sebagai penahan gigi pinion dan nantinya akan memutar flywheel sampai mesin motor bisa menyala. Walaupun kinerja pada Fungsi Dinamo Starter Motor ini lumayan panjang, tapi semua kinerja ini berjalan secara singkat sekali serta memudahkan bagi pengguananya.

Gejala Kerusakan Dinamo Starter Motor dan Cara Memperbaikinya

Mengingat Dinamo starter motor merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor yang berfungsi untuk menghidupkan mesin. Namun, seperti halnya dengan komponen lainnya, dinamo starter motor juga dapat mengalami kerusakan akibat penggunaan yang terlalu lama atau kurangnya perawatan. Berikut adalah beberapa gejala kerusakan dinamo starter motor dan cara memperbaikinya:

  1. Starter motor tidak berputar Jika saat memutar kunci kontak ke posisi “On” dan tidak terdengar suara starter motor berputar, maka kemungkinan dinamo starter motor mengalami kerusakan pada komponen internalnya seperti solenoid, brush atau komutator. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan membawa kendaraan ke bengkel untuk diperbaiki atau mengganti dinamo starter motor yang rusak dengan yang baru.
  2. Bunyi “klik” saat memutar kunci kontak Jika saat memutar kunci kontak ke posisi “On” terdengar bunyi “klik” dari dinamo starter motor namun tidak ada tanda-tanda mesin berputar, kemungkinan solenoid pada dinamo starter motor bermasalah. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan membawa kendaraan ke bengkel untuk diperbaiki atau mengganti solenoid dengan yang baru.
  3. Starter motor berputar namun tidak mampu menghidupkan mesin Jika saat memutar kunci kontak ke posisi “On” terdengar starter motor berputar namun mesin tidak mampu dihidupkan, kemungkinan dinamo starter motor mengalami kerusakan pada gigi starter atau drive gear yang terhubung ke mesin. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan membawa kendaraan ke bengkel untuk diperbaiki atau mengganti gigi starter yang rusak dengan yang baru.
  4. Bunyi berisik saat memutar starter motor Jika saat memutar kunci kontak ke posisi “On” terdengar bunyi berisik dari dinamo starter motor saat berputar, kemungkinan ada masalah pada brush atau komutator. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan membawa kendaraan ke bengkel untuk diperbaiki atau membersihkan brush atau komutator dari kotoran yang menempel.
Viral :   Sepeda Motor Aprilia RS125

Penting untuk melakukan perawatan dinamo starter motor secara berkala untuk menghindari kerusakan yang lebih serius. Beberapa tips perawatan yang dapat dilakukan antara lain:

  1. Membersihkan kotoran pada dinamo starter motor dengan kain yang lembut dan kering secara berkala untuk menghindari penumpukan kotoran yang dapat menyebabkan kerusakan.
  2. Memeriksa dan membersihkan kabel yang terhubung ke dinamo starter motor secara berkala untuk memastikan bahwa kabel tidak rusak atau konsleting.
  3. Memeriksa dan membersihkan terminal aki secara berkala untuk memastikan bahwa hubungannya dengan dinamo starter motor tidak terganggu.
  4. Memeriksa dan mengganti oli pada dinamo starter motor secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Dalam melakukan perawatan atau perbaikan dinamo starter motor, sebaiknya dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman dan terpercaya untuk memastikan hasil yang maksimal.