Cara Mengecek Radiator Motor
Radiator Motor

Cara Mengecek Radiator Motor Berfungsi atau Tidak

Cara Mengecek Radiator Motor Berfungsi atau Tidak perlu anda ketahui agar tidak menimbulkan masalah – masalah terntu pada sepeda motor anda. Karena memang Radiator ini salah satu bagian penting di dalam sepeda motor. Radiator berperan sebagai penukar panas yang tujuannya untuk mendinginkan mesin pada kendaraan. Dan umumnya radiator terdiri dari cairan radiator itu sendiri, coolant. Pada kondisi yang normal, cairan radiator coolant ini tidaka kan menimbulkan buih apalagi ketika kinerjanya sedang berlangsung.

Penggunaan radiator motor ini biasanya dipakai oleh motor jenis injeksi. Tanpa berlama lama lagi, yuk simak Cara Mengecek Radiator Motor Berfungsi atau Tidak dibawah ini yang telah wartaoto.com rangkumkan.

Daftar Isi

Cara Mengecek Radiator Motor

  • Cek tutup radiator motor

Langkah Mengecek Radiator pada sepeda Motor Berfungsi atau Tidak dimulai dari pastikan tutup radiator keadaan aman. Karena tutup radiator inilah yang membuat tekanan air menjadi lebih tinggi dari normal, yaitu lebih tinggi 1 atm (atmosfer). Air radiator memang memiliki tekanan untuk menimbulkan gelembung pada saat pembakaran mesin.

  • Periksa bagian Paking Head

Tak cukup hanya mengecek tutup radiator saja, tapi pastikan bagian paking head tidak bocor. Jika paking head bocor, maka air radiator akan menimbulkan buih. Lalu air radiator ini bisa merembes keluar dan membuat kondisinya jadi tidak stabil lagi. Selain itu, paking head yg bocor akan membuat suhu pada mesin naik dan motor akan overheat. Maka anda perlu memeriksa bagian paking head bocor atau tidak. Jika bocor, segera ganti paking head mtor anda dan pilih bahan yang lebih bagus misalnyna tembaga.

  • Pastikan cairan radiator coolant rutin diganti

Terakhir penggantian air radiator memang sebaiknya harus secara berkala atau rutin supaya mesin tidak cepat rusak. Penggantian air radiator coolant yang teratur juga dapat menghindari terjadinya air radiator berbuih. Maka jangan lupa untuk mengganti air radiator motor anda, apalagi jika sudah mencapai 24.000 km.

Viral :   Ketahui 2 Jenis Cairan Pembersih Mesin Motor

Demikianlah informasi dari wartaoto.com terkait Cara Mengecek Radiator pada Motor untuk kenyaman anda ketika berkendara. Semoga bermanfaat bagi anda 🙂

Kata PencarianCara mengecek radiator motor berfungsi atau tidak