Fungsi Laher Motor
Laher Motor

Fungsi Laher Motor dan Ciri-ciri Kerusakannya

Fungsi Laher Motor untuk meminimalisir kejutan yang terjadi pada roda sepeda motor saat melewati jalan yang tidak rata, berlubang bahkan rusak. Ditanah air, sepeda motor memenag menjadi primadona, hampir sebagian besar orang Indonesia memiliki sepeda motor untuk melakukan aktivitas ertentu. Akan tetapi, keamanan dalam berkendara tentu nomor satu.

Pada sepeda motor sendiri tekah dirancang untuk mempertimbangkan keamanan pengemudi, salah satunya komponen penjaga keamanan sepeda motor ialah laher motor. Laher motor merupakan komponen penghubung antara komponen tromol & as roda, sehingga roda dapat berputar secara bebas dikarenakan Fungsi Laher Motor yagn bekerja dengan baik. Laher motor atau dikenal juga dengan bearing ini cukup penting bagi keamanan pengendara motor. Maka jika laher motor rusak akan mengurangi keamanan serta kenyamanan pengguna saat mengendarai motor. Untuk itu setelah kita mengetahui betapa pentingnya Fungsi Laher Motor, alangkah baiknya kita juga perlu memahami ciri-ciri Laher Motor yang mengalami kerusakan.

Viral :   Menilik Yamaha QBIX 2021, Motor Unik Yang Sudah Bisa Dipesan di Indonesia

Daftar Isi

Ciri-ciri Laher motor yang Rusak

  • Roda depan oleng (terus bergoyang)

Apabila Fungsi Laher Motor rusak, maka roda motor bagian depan bisa oleng atau tersa bergoyang. Dan kondisi ini sangat berbahaya karena kemudi menjadi tidak stabil. Jika kemudi sudah tidak stabil, anda akan mudah terjatuh atau rawan mengalami kecelakaan. Sehingga keamanan & kenyaman pengnendara terganggu.

  • Muncul suara kasar

Pada Laher Motor yang rusak juga mulai muncul suara-suara kasar. Suara ini umumnya seperti suara gemelutuk di laher roda. Suara ini terdengar ketika anda melewati jalanan yang tidak rata ataupun bergelombang, apalagi ketika anda melaju dengan cepat maka suara kasar itu juga akan lebih terdengar.

  • Kemudi bergetar

Selanjutnya, kalau laher motor anda rusak bisa juga memicu kemudi jadi bergetar. Tentu ini sanagat berbahaya karena stabilitas kemudi menurun bahkan terganggu. Jika ini sudah mulai terjadi, sebaiknya segera perbaiki laher motor anda.

  • Jarak bersih antara bola baja & race ball sangat tinggi

Jarak bersih antara bola baja & race ball juga berpengaruh, karena jika jarak keduanya sudah sangat jauh, maka kondisi Laher Motor pasti rusak.

Viral :   Fungsi Oil Cooler Pada Motor dan Cara Kerjanya

Namun, anda tak perlu risau, karena tanda-tanda diatas biasanya terjadi pasa sepeda motor yang  cukup sering digunakan atau sudah mulai tua. Dan saran yang yang bisa kami berikan ketika Fungsi Laher Motor mulai menurun atau bahkan rusak, maka segeralah perbaiki di bengkel – bengkel kepercayaan anda. Itulah tadi informasi tentang Fungsi Laher Motor dan Ciri-ciri Kerusakannya dari wartaoto.com. Semoga bermanfaat 🙂