Fungsi Reset ECU Motor
ECU Motor

Fungsi Reset ECU Motor. Simak Selengkapnya!

Fungsi Reset ECU Motor adalah untuk atasi erro dan mengembalikan parameter pengaturan agar sesuai dengan standar pabrikan. Dalam proses reset ECU motor akan menghapus rekaman data yang sebelumnya tercatat, misalnya seperti parameter oktan bahan bakar. Jika anda pecinta motor, tentu anda harus mengetahui Fungsi Reset ECU pada Motor dengan sistem injeksi. ECU motor adalah otak dari komponen elektronik yang bertugas mengatur berbagai parameter serta memberi peringatan jika terjaadi gangguan. Maka agar kerjanya lebih optimal, ECU motor perlu dilakukan reset secara rutin apalagi bila ada ubahan.

“Rekaman berbagai hal pada motor tercatat dan tersimpan di ECU, sehingga sangat membantu mekanik untuk memperbaiki serta menganalisa jika terjadi masalah” kata Adi, selaku Service Advistor Yamaha Mekar Motor di Bintaro Jaksel. Berikut ini beberapa fungsi / manfaat reset ECU.

Viral :   Bagaimana Merawat Motor Vespa matic? Begini Caranya

Fungsi Reset ECU

  • Mengatasi error yang terjadi di sepeda motor
  • Mengenadalikan seluruh komponen listrik sehingga dapat mengembalikan parameter sesuai dengan standar pabrik.
  • Agar motor kembali segar.

lalu apasaja efek samping dari peresetan ECU motor? Menurut Service Advisor AHASS Wahana Ciputat, Chairul Anwar mengatakan; setiap motor dibawa ke service motornya ke bengkel resmi, salah satu yang dilakukan para mekanik adalah reset ECU motor. Proses tersebut akan tetap dilakukan, walaupun ada atau tidaknya keluhan dari pengguna tersebut pada motornya.

“Ada keluhan atau tidak, reset ECU tetap akan dilakukan oleh mekanik setiap service” tambah Anwar. Karena tak semua masalah ataupun kendala bisa ditampilkan dalam bentuk informasi seperti lampu berkedip Malfunction INdivator Lamp (MIL).

Viral :   Suara Knalpot FIZ R Kian Renyah dengan VND

Selain itu, Reset ECU juga sangat dianjurkan ketika penggantian aki baru, motor yang habis jatuh atau ketika sering menggunakan oktan bensin yang berbeda-beda.