Fungsi Baterai Sepeda Motor
Baterai sepeda motor

Fungsi Baterai Sepeda Motor & Penyebab Aki Tekor

Fungsi Baterai Sepeda Motor Adalah sebagai sumber energi maupun arus listrik untuk menghidupkan komponen, asessories, sistem penerangan dan sebagainya. Meskipun baterai pada motor juga kerap disebut aki / akumulator / accu yang fungsinya tetap sama yaitu sebagai sumber sekaligus penyimpan listrik dalam bentuk energi kimia. Di dalam baterai sendiri terdiri dari bahan kimia yang berupa timbal, (elektrode Pb), timbal proksida (elektrode PbO2) serta cairan elektrolit H2SO4. Bahan – bahan kimia inilah yang akan mengalami perubahan bersamaan denngan terjadinya perubahan energi listrik dalam sel baterai / aki, misalnya seperti proses mengisi (charge) & pengosongan listrik (discharge).

Sesuai aturan standar international, setiap psatu sel di dalam baterai / aki sepeda motor memiliki tegangan 2 volt. Sehingga baterai 24 volt akan memiliki sel sebanyak 12 sel, sementara baterai aki 12 volt memiliki 6 sel. Maka secara garis besar, Fungsi Baterai pada Sepeda Motor itu sebagai penyuplai energi listrik & penyedia arus kistrik ke seluruh sistem maupun kompoen – komponen kelistrika pada motor. Di bawah ini wartaoto.com akan menjelaskan lebih detail tentang fungsi baterai / aki motor.

Viral :   Ini Dia 5 Tips Aman Membawa Anak Balita Naik Motor

Fungsi Baterai sepeda motor

  • Penyedia listrik

baterai / aki adalah satu-satunya alat yang dapat menyuplai / menyediakan energi listrik dengan jumlah besar. Dengan energi yang cukup besar ini digunakan untuk memutar mesin agar mesin pada motor dapat hidup. Pada motor starter, saat mesin mati dibutuhkan arus listrik yang sangat besar untuk memutar motor starter dan bekerjaan ini hanya bisa dilakukan oleh baterai / aki. Selain itu, baterai juga menyuplai energi listrik ke semua sistem kelistrikan pada kendaraan, seperti sistem pengisian, komputer mesin, sensor-sensor, sistem electronic fuel injecttion (EFI) dan lainnya.

  • Penyimpan listrik

Selanjutnya Fungsi Baterai pada Sepeda Motor juga sebagai penyimpan energi listrik. Ketika mesin mulai bekerja, maka sistem pengisian juga mulai ikut berkerja. Dan jika mesin mati, maka baterailah yang menjadi penyimpan energi listrik utama.

  • Untuk menyalakan mesin mengunakan starter elektrik / tombol starter (bagi motor starter)
  • Untuk menyuplai daya ke ECU (Engine Control Unit) bagi motor injeksi
  • Mensuplai daya arus menuju dashmoard pane sebagai sistem information terkait kondisi kendaraan
Viral :   Fungsi Fuel Pump Motor dan Gejala Kerusakannya

Penyebab Baterai / aki Tekor

  • Asessories kelistrikan yang berlebihan
  • Baterai menggelembung
  • elektrolit baterai kurang
  • usia baterai sudah terlalu lama (lebih dari 5 tahun)

cara terbaik untuk mengatasi baterai / aki yang tekor adalah dengan unit baterai. Jikalau diisi ulang pun atau dicharge maka percuma saja, karena kapasitasnya telah menurun.