Fungsi Lampu Hazard Pada Motor
Lampu Hazard Pada Motor

Fungsi Lampu Hazard Pada Motor

Fungsi Lampu Hazard Pada Motor adalah sebagai tanda untuk kendaraan lain dibelakang jika ada keadaan darurat atau bahkan bahaya. Bagi kendaraan roda empat, Fungsi Lampu Hazard untuk memberikan isyarat bahwaw kendaraan tersebut sedang mengalami masalah, seperti ban pecah atau mogok ditengah jalan. Saat ini sudah banyak sepeda motor yang sudah dibekali dengan Lampu Hazard.

Adapun aturan pemakaian lampu Hazard ketika keadaan darurat/bahaya juga sudah dijelaskan melalui UU LLAJ (Lalu Lintas dan Angkatan Jalan) nomomr 22 tahun 2009 yaitu:

“Bagi setiap pengguna kendaraan bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu tanda isyarat peringatan darurat, ataupun isyarat lainnya ketika berhenti dan parkir dalam keadaan darurat di jalan”. Agus Sani, selaku Head of Safety Riding Promotion Wahana juga ikut membenarkakn hal ini bahwa Fungsi Lampu Hazard Pada Motor adalah untuk memberikan tanda isyarat di saat kendaraan berhenti dalam keadaan darurat sebagaimana peraturan dari pemerintah.

Viral :   Hobi Touring ? Inilah Aksesoris Motor Matic Yang Wajib Anda Miliki

“Fungsi Lampu Hazard sebenarnya itu tanda isyarat ketika sebuah kendaraan berhenti darurat, akan tetapi kini memang banyak disalahgunakan oleh beberapa pengguna kendaraan” kata Agus yang kami kutip dari kompas.

Menurut Agus, terjadinya kesalahgunaan fungsi Lampu Hazard karena minimnya pengetahuan yang dimiliki pengendara tentang aturan lalu lintas. Kebanyakan Lampu Hazard digunakan pengguna sepeda motor sebagai tanda rombongan yang sedang touring di jalan raya, tentu ini tidak benar. Masih ditemui juga penyalahgunaan lampu Hazard pada saat perempatan padahal kendaraan mengambil jalur lurus dan ini membahayakan pengendara lain dibelakang karena tidak bisa memprediksi kemana arah kendaraan di depannya.

“Penggunaan lampu Hazard pada motor itu penting, namun biasanya lampu ini hanya terdapat pada motor jenis besar. Karena Fungsi Lampu Hazard Pada Motor tersebut untuk memberi tanda isyarat ketika mengalami mogok dijalan” tambah Agus. Selain itu, Fungsi Lampu Hazard juga sebagai isyarat bagi pengemudi dibelakang untuk waspada / berhati-hati karena di depan ada bahaya, seperti misalnya ada kecelakaan / ada kendaraan lain yang ingin menyeberang.

Viral :   Stang Motor Tidak Stabil Disebabkan Oleh Hal Ini

Itulah Fungsi Lampu Hazard Pada Motor yang bisa wartaoto.com sampaikan, semoga  informasi ini bermanfaat bagi anda:)