Penyebab Mesin Motor Panas Berlebihan
Mesin Motor

Penyebab Mesin Motor Panas Berlebihan

Penyebab Mesin Motor Panas Berlebihan biasanya karena oli yang sudah kotor atau sudah tak layak dipakai dan harus diganti. Oli kotor ini karena tidak diganti secara rutin atau anda lalai mengganti oli. Sepeda motor baru tentu memiliki performa yang kencang, namun lama kelamaan tentu terjadi penurunan di beberapa komponennya karena penyebab-penyebab tertentu. Ini adalah hal yang wajar terjadi, termasuk Penyebab Mesin Motor Panas Berlebihan/overheat yang umumnya dikarenakan perawatan yang belum tepat.

Mesin Motor mengalami panas berlebihan di luar batas normal ini disebabkan karena beberapa alasan, diantaranya; sirkulasi oli, kualitas oli, sampai menurunnya fungsi pendingin di bagian mesin. Maka anda perlu mengetahui penyebab mesin motor panas berlebihan, untuk mengantisipasi terjadinya hal ini.

  • Sensor suhu bermasalah
Viral :   Kenali 5 Gejala Busi Motor Mio Akan Mati!

Penyebab pertama adalah adanya kerusakan di bagian sensor suhu. Sepeda motor keluaran terbaru kini sudah dibekali sensor suhu ECU (Engine Coolant Temperatur) yang berguna untuk menginformasikan suhu serta mendinginkan mesin pada motor. Oleh karena itu, ketika ECU bermasalah maka mesin motor anda akan mengalami panas yang abnormal. Solusinya, silahkan lakukan servis secara rutin agar kinerja mesin motor anda bisa optimal kembali.

  • Oli mesin yang kurang cocok

Selanjutnya yang dapat memicu mesin motor panas berlebihan adalah penggunaan oli yang kurang cocok, karena sebenarnya setiap oli mesin dirancang dengan standar khusus yang memiliki tujuan & alasan tertentu. Dan salah satu tujuan dari standarisasi oli mesin agar mesin motor tak mudah panas. Jika anda tak menggunakan oli sesuai rekomendasi dari pabrik, alhasil mesin motor anda menjadi lebih panas atau bahkan panas berlebihan.

  • Sirkulasi oli tidak maksimal
Viral :   Inilah Cara Memperbaiki Karburator Banjir Tanpa Harus Membongkarnya

Bagi para pecinta otomotif, pasti sudah akrab dengan istilah oil coolant yang mirip seperti radiator yaitu sebagai pendingin oli ketika suhu mesin sedang panas / overhead. Maka jika sirkulasi oli kurang baik alias tidak maksimal bisa membuat mesin lebih cepat panas karena proses pendinginan terhambat.

  • Penyetelan bahan bakar yang terlalu irit

Penyebab Mesin Motor Panas Berlebihan lainnya juga dari kesalahan pengaturan bahan bakar yang terlalu irit. Solusinya atur beberapa sekrup sesudah stationer ada di bagian karburator agar lebih dekat ke arah brebet.