Fungsi Brush Motor Starter
Brush Pada Motor

Fungsi Brush Motor Starter Dan Efek Brush Aus

Fungsi Brush Motor Starter adalah untuk menyalurkan / meneruskan listrik dari Field Coil menuju amature coil lalu ke kumutator dan terakhir ke massa. Brush merupakan komponen penting yang jika diabaikan, motor starter anda sulit dinyalakan atau tidak bisa distarter. Brush Pada Motor Starter sendiri terbuat dari tembaga lunak & karbon yang bisa aus karena brush ini akan bersinggung dengan komutator yang berputar. Jika ditimbang, lebih baik brush aus daripada komutatornya yang aus, karena harga brush lebih ekonomis daripada komutator.

Brush pada motor starter terletak di bagian main motor dengan rangkaian sikat sebagai penghubung aliran listrik menuju dinamis konduktor lewat konduktor statis. Artinya, brush mengirim sinyal arus listrik dari terminal50 ke armature coil. Karena Fungsi Brush Motor Starter cukup penting, maka kali ini wartaoto.com akan mengulasnya sekaligus efek brush yang aus. Terdapat dua jenis brush pada motor starter yaitu:

  • Brush Positif = 2 buah
  • Brush Negatif = 2 buah
Viral :   Harga Motor Honda PCX Listrik

Dampak Brush yang aus ketika bersinggung dengan komutator menyebabkan tahanan menjadi semakin besar sehingga tahanan itu tidak dapat bekerja secara maksimal. Dari arus yang tidak maksimal ini berpengaruh pada putaran. Alhasil putaran yang dihasilkan menjadi kurang optimal.

Penyebab Carbon Brush Cepat Habis

Kualitas bahan yang kurang baik sehingga cepat panas dan mudah terbakar akibat pergesekan ekstrim. Pemakaian mesin yang terlalu lama dan dipaksa serta cara pakai yang salah