Fungsi Oli Gardan Motor Matic
Oli Gardan

Fungsi Oli Gardan Motor Matic dan Gejala Kerusakannya

Fungsi Oli Gardan Motor Matic adalah untuk memperlancar kinerja tranmisi serta melapisi seluruh komponen transmisi CVT (Continuously Variable Transmission). Sepeda motor matic juga membutuhkan oli gardan yang wajib diganti secara berkala seperti oli mesin, namun interval penggantian oli gardan lebih lama dari pada oli mesin. Fungsi Oli Gardan dalam motor matic juga sebagai pelumas untuk melancarkan komponen pergerakan gear ratio transmisi & meminimalisirkan gesekan. Untuk lebih jelasnya wartaoto.com akan menguraikan beberapa fungsi dari oli gardan dan gejala kerusakannya ketika telat mengganti oli gardan, yaitu:

  • Memperlancar gerak sistem transmisi

Yang pertama dari fungsi oli gardan adalah untuk memperlancar kinerja sistem transmisi. Sistem transmisi sendiri adalah koversi perpindahan percepatan yang mulanya mesin menjadi torsi dengan kecepatan yang berbeda-beda kemudian diteruskan pada penggerak akhir. Untuk menjaga sistem transmisi tetap awet, anda perlu mengganti oli gardan secara teratur.

  • Melapisi komponen CVT (Continuously Variable Transmission)
Viral :   Kenali Penyebab Motor Matic Tidak Bertenaga Saat Menanjak

sifat dari oli gardan adalah cair sehingga mampu melapisi seluruh komponen internal pada sepeda motor, termasuk sistem transmisi & gear ratio di motor matic. Cara kerjanya oli gardan bisa masuk melalui celah-celah kecil, sehingga tak hanya sekedar pelumas, tetapi juga menjaga temperatur tinggi & tekanan kerja terhadap daya pelumasan.

Oli gardan termasuk komponen yang sangat penting dalam sebuah kendaraan, meskipun memiliki jenis yang berbeda-beda tetapi fungsi dari oli gardan tetap sama. Maka setelah mengetahui pentingnya Fungsi Oli Gardan Motor Matic, pastikan anda rutin mengganti oli gardan. Biasanya waktu penggantian oli gardan yang tepat pada pemakaian 8.000 kilometer atau pemakaian normal selama 3 bulan. Karena jadwal penggantian oli gardan terbilang lama, sehingga banyak orang yang lupa mengganti oli gardan. Jika lalai mengganti oli gardan akan berakibat fatal pada motor matic anda. Berikut ini gejala-gejala terlambat mengganti oli gardan:

  • Sepeda motor terasa lebih bergetar saat gunakan
  • Terjadi kerusakan di bearing gardan
  • Terdengar suara-suara kasar dari musin sepeda motor
Viral :   Fungsi Chain Guide Sepeda Motor untuk Performa Optimal

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan terkait Fungsi Oli Gardan Motor Matic serta Gejala Kerusakannya. Semoga ulasan diatas dapat membantu anda. Terimakasih sudah berkunjung:)