Fungsi Roller Pada Motor Matic
Roller Motor Matic

Fungsi Roller Pada Motor Matic dan Gejala Kerusakannya

Fungsi Roller Pada Motor Matic adalah untuk menekan pulley primer sesuai dengan gaya sentrifugal yaitu semakin cepat putaran mesin maka roller juga akan semakin menekan pully primer sehingga menyebabkan v-belt yang terhimpit di pulley primer dapat meneruskan putaran mesin menuju pulley sekunder. Selanjutnya, keteika pulley depan telah mengembang, v-belt akan meneruskan gaya sekaligus memutas pulley belakang. Gaya sentrifugal yang dihasilkan akan membuat pulley belakang memutar & mendorong kampas ganda guna menekan mangkok kampas ganda itu sendiri. Saat kompas ganda ikut memutar, gir yang ada dalam transmisi/gardan juga ikut memutar sehingga akhirnya putaran pulley depan/drive pulley dapat menghasilkan roda berputar pada motor matic. Pernyataan ini kami kutip dari pernyataan instruktur service PT Surya Timur Sakti Yamaha, Dwi Suwanto.

Viral :   Minat Pengguna Motor untuk Honda Rebel 250 di Indonesia

Fungsi Roller Pada Motor Matic sangat penting, apalagi saat ini banyak sekali motor-motor matic yang banyak dijual. Tentu Anda harus tahu fungsi dari Roller di motor matic. Secara garis besar ada 3 Fungsi Roller Pada Motor Matic:

  • Mengontrol akselerasi sepeda motor matic
  • Untuk Mempermudah pergerakan variator
  • Mengontrol besar dan kecilnya diameter pulley

Mengutip wahanahonda, usia pakai roller motor matic biasanya sekitar 25.000 samapi 27.000 km. Jika motor matic sudah melalui jarak itu, roller motor harus diganti karena sudah penyok atau Anda tak perlu menunggunya rusak untuk mengganti komponen ini di CVT. Karena jika roller motor rusak dan tak cepat-cepat diganti, maka kerusakannya dapat mempengaruhi komponen lainnya.

Viral :   Tips Memilih GPS Motor Jarak Jauh

Gejala umum kerusakan roller motor ialah saat tarikan motor tersendat-sendat atau mulai aus dan terdengar suara kretek-kretek saat dibawa jalan. Nah biasanya kalau sudah muncul gejala-gejala seperti itu berarti roller motor matic Anda sudah penyok atau peang.

Untuk berjaga-jaga atau mengantisipasi kerusakan roller yang tak dinginkan, maka mulai sekarang pastikan Fungsi Roller Pada Motor Matic Anda masih berfungsi secara optimal. Berikut ini cara untuk menjaga Roller pada motor matic Anda agar lebih awet.

  • Mengganti oli transmisi secara rutin
  • Mengganti kampas kopling sebelum aus
  • Rajin memeriksa kondisi v-belt

Itulah tadi ulasan singkat dari wartaoto.com, semoga informasi diatas bisa membantu dan bermanfaat untuk AndaJ