Fungsi Angker Pada Motor Starter
Angker Motor

Fungsi Angker Pada Motor Starter serta Komponennya

Fungsi Dari Angker Pada Motor Starter ialah untuk membangkitkan gerak daya putar yang disebabkan oleh perbedaan arah daya gerak listrik dan arah gerak inilah yang akan dihasilkan dari kumparan medan. Jadi fungsi Angker pada motor Starter itu mengubah energi listrik menjadi mekanika (energi gerak) dengan adanya gerak putar. Adapun cara kerja angker pada motor starter dimulai dari bagian aki yang akan mengalirkan arus listrik ke angker, lalu pada angker akan mengubah energi atau arus listrik tadi menjadi medan magnet dari kumparan angker. Selanjutnya medan magnet ini akan saling berlawanan atau saling bereaksi sehingga akhirnya menimbulkan gerakan berputar.

Angker pada motor starter atau armature terdiri dari dua jenis yaitu, armature coil & armature blake. Masing-masing fungsi angker/armature pada motor starter tersebut berbeda-beda. Armatur coil yang berbentuk mirip kumparan terletak di sekitar poros motorik, sementara armature blake untuk mengerem jika pinion gear lepas dari bagian flywheel.

Viral :   Penyebab Mesin Motor Panas Berlebihan

Angker atau armature ini berbentuk kumparan jangkar dan memiliki beberapa komponen-komponen pendukung. Untuk memaksimalkan fungsi angker pada motor satrter berikut ini Komponen-komponen Angker pada motor starter:

Komponen-komponen 

  • Poros

Berfungsi sebagai tempat memasang seluruh komponen angker atau armature. Pada poros inilah akan menyalurkan tenaga putar yang berasal dari lilitan kumparan armature/angker. Ketika lilitan telah memiliki daya putar maka bagian poros ini juga akan berputar.

  • Kumparan

Berfungsi untuk membangkitkan medan magnet yang terhubung pada komutator ketika arus listrik masuk melalui sikat positif komputator. Bentuk komponen ini berupa lilitan kawat tembaga yang letaknya mengelilingi poros armature bagian tengah dan terhubung ke komutator.

  • Inti
Viral :   Perusahaan Continental dan Varta Jalin Kerjasama Untuk Kembangkan Baterai Motor Listrik

Fungsinya komponen ini sebagai pelindung kumparan agar tidak cepat rusak. Bagian inti ini berupa kumpulan besi yang tersusun secara rapi mengelilingi kumparan dan terletak ditengah menutup lilitan.

  • Komutator

Komutator memiliki fungsi mengalirkan energi listrik dari field coil (kumparan medan) menuju kumparan armature / kumparan angker.

Cara merawat Motor starter agar lebih awet

  • Gunakan Kick Starter
  • Rutin Membersihkan
  • Rutin Servis Motor
  • Cek Tuas Rem