Fungsi ECU Motor
ECU Motor

Fungsi ECU Motor dan Dampak Kerusakannya

Fungsi ECU Motor adalah sistem pengontrol serta pengatur pada mesin kendaraan. Bahkan ECU sering disebut sebagai pusat dari segala kegiatan pada sepeda motor. ECU motor adalah singkatan dari Engine Control Unit yang biasanya terdapat pada jenis motor injeksi. Engine Contol Control atau yang lebih familiar di sebut ECU Motor bisa dianalogikakn seperti CPU pada sebuah komputer yang mana CPU merupakan pusat pengaturan dari seluruh kinerja komputer. CPU ini berfungsi menerima dan mengolah semua data-data pada komputer sehingga suatu komputer bisa bekerja. Sama halnya dengan ECU Motor, ECU akan merima serta mengolah semua sistem pada motor sehingga sebuah motor bisa menyala dan berjalan dengan baik.

Viral :   Pilihan Sepeda Motor Listrik Terbaik di Indonesia

Pada ECU Motor, terdapat banyak komponen/perangkat yang terhubung sehingga perangkat ECU Motor banyak memiliki kabel. Dan ECU Motor akan mengatur setiap komponen yang terhubung tadi sesuai porsinya masing-masing. Contohnya saja pada bagian kontrol traksi, ECU Motor berperan sebagai pembaca perintah yang diberikan sesuai dengan karakter sepeda motor tersebut.

Dampak kerusakan ECU Motor

Karena disebut-sebut sebagai pusat sistem di sepeda motor yang mengatur lebih dari satu sistem dalam sepeda motor.. Tentu ada dampak yang besar ketika ECU Motor mengalami kerusakan. Jika ECU Motor rusak, maka informasi serta data sistem yang diterimapun tidak bisa sempurna sehingga kerja semua komponen sistem pada motor jadi ikut bermasalah.

Viral :   Inilah Spesifikasi Honda Scoopy Terbaru 2021

Contohnya bila ECU Motor yang terhubung WTS rusak atau bermasalah, makan alat ini tidak dapat memberikan sinyal saat suhu air pendingin sudah meningkat. Alhasil, motor kipas tidak menerima perintah untuk bekerja menurunkan temperatur dari air pendingin.

Fungsi ECU Motor memang sangat penting bagi sepeda motor, baik untuk jenis motor injeksi maupun jenis motor karburator. Agar semua sistem kendaraan Anda selalu bekerja maksimal, maka perhatikanlah secara rutin kondisi ECU Motor. Sehingga ketika terjadi masalah pada ECU Motor bisa segera ditangani dengan benar, karena jika terlambat dalam penanganan dapat merusak komponen/sistem lain dalam motor anda