Fungsi CDI Motor

Fungsi CDI Motor dan Komponennya

Fungsi CDI Motor dan Komponennya sangat berpengaruh pada sistem pnegapian mesin motor serta performa motor. Fungsi CDI motor cukup penting, karena secara umum, pembakaran sempurna di sebuah kendaraan roda dua, percikan api dari busi diitegrasi dahulu oleh CDI. Maka pastikan fungsi CDI Motor Anda berjalan dengan baik agar motor bisa menyala dengan tepat. Sebagai pengguna motor, alangkah baiknya Anda perlu mengetahui fungsi dari CDI Motor untuk mengatasinya ketika tiba-tiba terjadi masalah.

CDI adalah kepanjangan dari Capacitor Discharge Ignition yang menjadi salah satu komponen pengapian di mesin motor. CDI memanfaatkan energi yang tersimpan di bagian karnurator, yang kemudian bisa menghasilkan tegangan tinggi pada koil pengapian. Selanjutnya pengapian itu akan menghasilkan spar dalam busi dan akhirnya sepeda motor bisa berjalan. Adapun fungsi CDI koil pengapian yaitu untuk menghasilkan tegangan tinggi.

Viral :   Inilah Spesifikasi Honda Scoopy Terbaru 2021

Fungsi lainnya dari CDI motor yaitu untuk memutus dan menyalurkan perapian di motor. CDI pengapian sendiri memilki beberapa tipe akan tetapi fungsinya tetap sama, seperti; racing unlimited, programmable, racing limiter, standar, dan masih banyak lainnya.

Komponen CDI motor

Semua kinerja komponen pada sistem CDI Motor saling berkaitan satu sama lain untuk membentuk energi sehingga dapat menjalankan sepeda motor

  • Spul & Rotor Magnet berfungsi untuk mengubah aliran putaran pada poros engkol mesin, kemudian akan berubah jadi listrik AC (dua arah) yang nantinya akan menjadi tenaga di sistem perapian.
  • Baterai berfungsi untuk menyimpan arus listrik. Listrik yang tersimpan di baterai akan mengalir dari spul. Untuk jenis motor matic, fungsi baterai juga penting karena menyalakan ECU
  • CDI Unit berfungsi untuk menyalurkan tegangan ke koil dengan cara discharge. Komponen CDI Unit ini tersusun dari kapasitor sehingga mampu menyerap serta menyimpan arus listrik.
Viral :   Fungsi Relay Pada Motor. Simak Selengkapnya!

Itulah sebagian besar komponen yang terdapat pasa sistem CDI Motor. Dengan mengenali fungsi serta komponen CDI Motor Anda dapat menjaga performa motor Anda. Sekian dulu ulasan wartaoto.com tentang Fungsi CDI Motor dan Komponennya. Semoga bermanfaat:)