Fungsi Spul Motor

Fungsi Spul Motor dan Gejala Kerusakannya

Fungsi Spul Motor adalah salah satu fungsi dari komponen yang penting di motor. Mungkin spul motor jarang terdengar di telinga, padahal fungsi spul motor sangat vital bagi sebuah kendaraan. Lalu apa saja fungsi penting dari spul motor? Simak terus ulasan wartaoto.com untuk lebih mengenal spul motor dan gejala kerusakannya.

Fungsi utama spul motor sendiri adalah untuk menghasilkan energi listrik yang digunakan sebagai penggerak sepeda motor. Spul motor merupakan sumber listrik untuk menyalakan lampu utama, lampu sein, klakson dan lainnya. Energi listrik yang dihasilkan spul motor akan diteruskan oleh komponen kripok menuju aki. Bentuk spul motor dililiti oleh kawat tembaga dengan batang karbon dan berbentuk melingkar. Jumlah kawat pada spul yang menentukan besar atau kecilnya arus listrik yang dihasilkan. Jadi, jika sepeda motor membutuhkan arus listrik yang besar maka jumlahlilitan kawatnya pun semakin banyak. Begiupun sebaliknya, jika sepeda motor hanya membutuhkan daya listrik yang kecil, maka jumalh lilitan kawat juga sedikit.

Viral :   Jangan Panik, Lakukan Ini Ketika Motor Tiba-Tiba Mogok

Cara kerja spul motor

Adapun cara kerja spul motor, dimulai dari arus listrik dua arah yang diperoleh lilitan kawat dan jumlah lilitan kawan yang menentukan kecil atau besarnya arus listrik. Arus listrik yang diperoleh kawat-kawat tersebut berupa arus listrik bolak-balik (AC/dua arah) yang belum bisa menggerakkan mesin pada motor. Arus listrik bolak-balik (AC/dua arah) harus dirubah menjadi DC (satu arah) oleh komponen kiprok dan selanjuynya dialirkan ke aki.

Gejala kerusakan spul motor

Karena fungsi spul motor yang utama untuk menghasilkan listrik, maka jika gejala-gejala dibawh ini terjadi berarti kemungkinan spul motor Anda rusak dan harus segera dilakukan perawatan.

  • Motor sulit dihidupkan
  • Aki cepat habis
  • Lampu motor redup bahkan mati, padahal bohlam lampu masih baru
  • Spul motor gosong dan tercium bau hangus
  • Listrik motor Anda mati total, seperti starter, lampu dashbord, dan sistem penerang lainnya.
Viral :   Glasswool Knalpot Tidak Pernah Diganti. Begini Akibatnya!

Dari beberapa gejala diatas, ada bebrapa faktor penyebab kerusakan spul motor. Agar terhindar dan meminimalisir dari rusaknya spul motor berikut penyebabnya:

  • Sepeda motor kehabisa oli dan spul motor dipaksa terus bekerja, sehingga spul akan cepat kering. Maka pastikan penggantian oli secara berkala agar spul motor lebih awet.
  • Penambahan komponen eletrik yang berlebihan seperti modifikasi penambahan lampu pada motor
  • Spul motor kotor karena jarang dibersihkan yang mengakibatkan karat pada spul. Spul yang berkarat akan menurun fungsinya.