Fungsi Kiprok Motor dan Gejala Kiprok Rusak

Fungsi kiprok motor adalah untuk menahan arus listrik yang berasal dari spul dan kemudian diterusskan ke aki. Selain aki, komponen yang memiliki fungsi penting adalah kiprok atau dalam bahasa teknis yaitu rectifier regulator. Pada setiap motor pasti terdapat sistem kelistrikan, maka ketika kiprok rusak, sistem kelistrikan akan terganggu.

Kepala bengkel AHASS Daya Motor, Asep Suherman mengatakan fungsi kiprok motor itu untuk merubah arus listrik bola balik (Alternating Current/AC) menjadi arus listrik searah searah (Direct Current/DC) yang kemudian disimpan ke aki, sehingga fungsi kiprok motor adalah penyuplai arus listrik untuk pengisian ke aki.

Selain itu fungsi kiprok motor juga menstabilakan arus tegangan dari spul sebelum masuk ke aki, karena arus atau tegangan yang masuk ke aki harus sesuai dengan kebutuhan motor itu sendiri sehingga tak boleh terlalu kecil maupun terlalu besar. Jika arus listrik yang diterima aki terlalu besar, maka akan menjadi overcharge, sedangkan jika terlalu kecil maka aki menjadi soak atau aki tekor.

Viral :   Rekomendasi 6 GPS Motor Tracker Terbaik, Anti Maling

Untuk mendeteksi kiprok yang rusak, bisa dilihat dari beberapa gejala kiprok rusak yaitu:

  • Pengisian listrik ke aki menjadi tidak sempurna lagi, sehingga akimenjadi cepat tekor walaupun kondisi akinya masih baru.
  • Perhatikan cahaya lampu depan, jika saat putaran mesin tinggi tetapi lampu depan tetap redup bahkan bohlam putus maka kiprok motor Anda rusak. Ini berlaku bagi sistem penerangan yang masih menggunakan spul, karena fungsi kiprok motor juga penstabil arus yang diperoleh dari spul.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor, Ribut Wahyudi juga berkata, kiprok yang rusak dapat mempengaruhi pengisian aki menjadi terganggu. Kiprok yang rusak juga berdampak ke aki, karena aki akan sering mengalami tekor dan akhirnya menjadi rusak setelah itu motor menjadi sulit bahkan tidak bisa distarter elektrik.

Viral :   Fungsi Shockbreaker Motor & Cara Perawatannya

Adapun motor yang telah menggunakan teknologi injeksi, maka sistem kelistrikan mempunyai fungsi yang sangat vital, karena tanpa adanya asupan arus listrik yang baik, injektor bahan bakar yang digerakkan listrik tak bisa bekerja secara optimal. Sehingga dampak yang sering trjadi, motor bisa mogok tiba-tiba.