Jangan Abaikan Perawatan Rantai Sepeda Motor

Ketika memilih untuk membeli sepeda motor sebagai sarana transportasi, tentu Anda juga harus siap untuk melakukan perawatan. Salah satu perawatan yang sangat penting dilakukan adalah perawatan rantai motor. Karena menyangkut keselamatan berkendara, sebaiknya Anda tidak mengabaikan perawatan rantai motor ini. Apalagi, caranya pun tidak sulit. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

Tips Merawat Rantai Motor, Mudah Tetapi Penting

Siapa pun pasti tidak ingin mengalami kecelakaan atau hal-hal lain yang membahayakan keselamatan dirinya ketika berkendara di jalan raya. Apalagi bagi para pengguna sepeda motor karena kendaraan ini cukup rawan mengalami kecelakaan. Selain berhati-hati ketika mengendarainya, merawat sepeda motor juga menjadi faktor yang sangat penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Salah satu perawatan sepeda motor yang penting untuk dilakukan adalah perawatan terhadap rantai motor. Komponen ini harus benar-benar diperhatikan agar perjalanan Anda senantiasa aman. Tulisan di bawah ini akan membahas beberapa tips penting yang mudah dilakukan dalam merawat rantai sepeda motor.

  1. Menggunakan Chain Lube Khusus

Pelumas rantai motor berfungsi untuk melumasi rantai hingga ke celah mata rantai, sekaligus untuk membantu membersihkan rantai dari kotoran dan debu yang menempel sehingga rantai lebih awet. Jadi, agar Anda tidak perlu terlalu sering menggantinya, rutinlah menggunakan pelumas pada rantai motor Anda.

Viral :   Tips Memilih Harga Mobil Baru yang Terjangkau

Yang juga perlu diperhatikan adalah jangan menggunakan sembarang pelumas untuk melumasi rantai, apalagi menggunakan oli bekas. Meskipun lebih praktis dan lebih murah, cara ini sangat tidak disarankan. Bukannya bersih dan awet, oli bekas justru akan membuat rantai bertambah kotor dan mudah rusak. Lebih baik Anda mengeluarkan biaya lebih tetapi lebih aman dengan membeli chain lube khusus.

  1. Rutin Membersihkan Rantai

Rantai motor merupakan bagian yang sangat rentan terkena debu, kotoran, tanah, lumpur, dan sebagainya. Apalagi jika kendaraan ini sangat sering Anda gunakan untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, membersihkan rantai secara rutin adalah hal wajib yang tidak bisa ditawar-tawar.

Lakukan pembersihan rantai secara rutin dan cermat hingga ke celah-celah mata rantai. Agar pembersihan bisa lebih optimal, gunakan berbagai macam produk pembersih rantai. Rantai yang bersih akan membuat kendaraan roda dua Anda bekerja dengan baik dan meluncur di jalanan dengan mulus tanpa hambatan.

  1. Menggunakan Rantai dan Gear Original

Dalam hal apa pun, memilih komponen yang asli dari pabrikan tentu jauh lebih baik daripada membeli produk KW atau palsu.  Anda memang bisa menghemat biaya karena barang KW pastinya dijual dengan harga yang lebih murah. Namun, jangan salah, bisa-bisa Anda justru harus mengeluarkan banyak uang gara-gara motor mengalami kerusakan yang lebih parah.

Viral :   Daftar Harga Motor Yamaha Matic Terbaru Tahun 2021

Hal ini juga berlaku untuk rantai sepeda motor. Pastikan Anda selalu menggunakan rantai dan gear yang asli dari pabriknya. Rantai dan gear asli sudah pasti terjamin kualitasnya sehingga Anda akan merasa lebih tenang dan aman dalam menggunakan sepeda motor.

  1. Memeriksa Tegangan Rantai

Mengecek tegangan rantai secara rutin juga sangat penting untuk mengetahui apakah rantai motor Anda terlalu kencang atau justru sebaliknya, terlalu kendur. Rantai yang kendur akan membuat pemakaian bahan bakar menjadi lebih boros. Namun, untuk melakukan perawatan yang satu ini, Anda hendaknya meminta bantuan mekanik karena jika harus dilakukan penyetelan, sebaiknya hal itu dilakukan oleh ahlinya.

Selain melakukan perawatan dengan cara-cara di atas, Anda juga perlu tahu bahwa rantai motor juga memiliki batas usia pemakaian, yaitu sekitar 15.000 km. Jadi, kalau batas ini sudah tercapai, gantilah rantai dengan yang baru.

 

Kata Pencarianoli rantai sepeda motor