Tren Sepeda Motor Listrik  tahun 2022

Tren Sepeda Motor Listrik  tahun 2022

Sepeda motor listik saat ini semakin buming dikalangan masyarakat. Sesuai dengan namanya Sepeda motor listik adalah sebuah kendaraan sepeda motor yang bergerak tanpa bahan bakar minyak,  melainkan digerakkan oleh dinamo dan akumulator. Keunggulan sepeda motor listrik ini jelas sangat membantu dalam kebutuhan sehari-hari kita, apalagi diera pemanasan global saat ini dan BBM pun mulai langkah. Dengan adanya sepeda motor listrik ini tentunya kita tidak lagi khawatir jika BBM langkah.

Keunggulan Sepeda Motor Listrik

Keunggulan sepeda motor listrik  adalah suara mesinnya yang sangat halus, tentunya anda pasti sangat percaya diri saat berkendara.  sepeda motor listrik ini juga bebas dari polusi, selain itu sepeda motor listrik ini juga memiliki efisiensi yang cukup tinggi 3 kali lipat dibandingkan dengan sepeda motor yang menggunakan bahan bakar minyak. Sepeda motor listrik ini memiliki efisiensi mencapai angka 90 persen sedangkan sepeda motor berbahan bakar minyak hanya memiliki efisiensi mesin diangka 30 persen.

Sepeda motor listik bisa dibilang sangat ramah lingkungan, karena  sepeda motor listrik menggunakan teknologi listrik, sehingga sepeda motor listrik ini tidak mengeluarkan emisi gas yang menyebabkan pencemaran udara dijalanan. Sepeda motor listrik sendiri perawatannya sangat mudah dan juga murah, jadi anda tak perlu khawatir  untuk masalah perawatannya.

Viral :   Sepeda Motor Aprilia RS125

STNK Dan BPKB Sepeda Motor  Listrik

Sepeda motor listrik ini juga tidak memerlukan STNK dan BPKB saat dibawa bepergian, dengan syarat sepeda motor listrik ini tidak boleh berjalan lebih dari 40 km/jam. Tapi jika anda nekat ingin menjalankan sepeda motor listrik lebih dari batas kecepatan yang ditentukan, anda harus mendaftarkan sepeda motor listrik anda ke kepolisian, dan juga harus memiliki STNK dan  BPKB.

Cara Kerja Sepeda Motor Listrik

Sepeda motor listrik cara kerjanya tak jauh beda dengan sepeda motor yang berbahan bakar minyak. Hanya saja sepeda motor listrik bergerak  menggunakan batrai atau fuel cell dalam bentuk listrik, Sedangkan sepeda motor berbahan bakar minyak ini didorong oleh sebuah mesin yang membutuhkan bahan bakar minyak untuk menjalankan.

Skema kelistrikan Sepeda Motor Listrik

Sepeda motor listrik pada umumnya mempunyai skema kelistrikan dan komponen-komponen yang hampir sama. Skema kelistrikan sepeda motor listrik ini terbagi menjadi dua yaitu kelistrikan utama motor penggerak dan kelistrikan body. Skema kelistrikan utama penggerak secara minimal standar terdiri dari, motor / dynamo penggerak, controller, handle gas, batrai / aki, charger, komponen pendukung seprti kontak, MCB, contacktor, saklar pembalik, sekering, dan lain sebagainya. Sementara, Skema kelistrikan body terdiri dari, lampu depan, lampu sen, lampu rem, klakson, kelistrikan aksesoris, panel instrument, dashboard juga speedometer.

Viral :   Honda Monkey 2021, Retro Klasik yang Modern

Komponen Utama Sepeda Motor Listrik

Komponen utama sepeda motor listrik ada 3, yaitu baterai, ECU serta motor penggerak. Walaupun sepeda motor listrik ini hanya mempunyai 3 komponen utama, harga sepeda motor listrik ini terbilang cukup mahal, namun harga sepeda motor listrik ini memilki banyak varian yaitu mulai dari 4 juta – 12 jutaan.

Sekian ulasan singkat wartaoto.com terkait Tren Sepeda motor Listrik 2022 kali ini yang semakin buming. Terimakasih sudah mengunjungi dan menyempatkan diri untuk membaca ulasan kami. Semoga bermanfaat ya!