Sering Di Abaikan, Kenali Ciri – Ciri Plat Kopling Motor Minta Diganti

Para pemilik kendaraan sepeda motor, ketika ingin mengganti kampas kopling sebaiknya anda juga perlu memeriksa kondisi plat kopling nya. Hal ini tentunya sangat penting dilakukan sebab, plat kopling motor memiliki peran penting yakni menekan kampas kopling.

Plat kopling motor sendiri merupakan penghubung antara rasio dan putaran kruk as. Letaknya selang seling dengan kampas kopling. Cara kerja plat kopling motor yakni Ketika tuas kopling ditekan, maka plat kopling dan rasio berhenti meneruskan daya, sedangkan kampas kopling dan rumah kopling berputar mengikuti putaran mesin karena terhubung langsung ke kruk as. Karena itu, fungsi plat kopling harus tahan gesekan kampas kopling dan tidak selip.

Viral :   Fungsi Shockbreaker Motor & Cara Perawatannya

Umumnya para pengguna sepeda motor hanya mengetahui jika kondisi kopling yang mulai berat dan slip maka tandanya komponen kampas kopling minta diganti dengan yang baru. Padahal kondisi plat kopling yang mulai aus juga dapat menimbulkan hal yang sama seperti kampas kopling.

Plat kopling bawaan pabrikan memang terbuat dari bahan baja, namun seiring dengan masa pemaikaian dan sering bergesekan dengan kampas kopling maka akan membuat komponen satu ini menjadi aus atau tipis. Sehingga meski kampas kopling masih tebal, namun plat kopling sudah tipis akan membuat kondisi kopling berat dan slip.

Lalu bagaimanakah ciri plat kopling motor minta ganti?

Ciri – ciri plat kopling motor minta diganti sebenarnya bisa kita lihat ketika kita sudah mengganti kampas kopling dengan yang baru, namun kopling masih tetap slip.

Viral :   Daftar Harga Aki Kering Motor Mulai 100 Ribuan

Kondisi plat kopling motor yang sudah berkurang 0,2 mm dari kondisi normal juga menandakan jika plat kopling motor harus diganti. Cara mengeceknya memang terbilang cukup sulit, dimana kamu harus menggunakan feeler gauge atau bisa juga dengan membandingkan dengan plat kopling yang baru.

Jadi, perlu di ingat jika disaat mengganti kampas kopling motor jangan lupa juga untuk selalu mengecek kondisi plat kopling motor – nya juga ya ! Semoga Bermanfaat.