Perdana Hadir di Jepang, Segini Harga Toyota Raize Hybrid

Pada awal bulan kemarin, tepatnya tanggal 1 November kemaren, Toyota akhirnya secara resmi menghadirkan Toyota Raize Hybrid diJepang alias world premiere. Dimana SUV limapenumpang ini telah mendapatkan tambahan varian baru dengan teknologi yang ramah lingkungan.

Toyota raize hybrid hadir dengan dibekali mesin 1.2L dengan sistem hybrid yang memiliki nama E-Smart Hybrid. Mesin tersebut sama dengan yang digunakan di Indonesia pada produk Raize dan Rocky yang mendapat status world premiere saat hadir beberapa waktu lalu. Dimana mesin ini hadir lebih ringan dan rigid untuk menghasilkan tenaga yang maksimal dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dibanding mesin 1.2L yang lama digunakan pada LCGC.

Dengan Series Hybrid ini, mesin tidak menjadi penggerak roda, akan tetapi hanya dijadikan sebagai sumber tenaga listrik alias genset untuk mengsuplai baterai. Mobil 100 persen dijalankan dengan sebuah motor listrik baterai dan bila baterai sudah mulai habis, maka mesin 1.200 3 silinder yang ada dimobil ini akan menyala sekedar untuk menjadi genset saja. Artinya dimobil ini pengendara akan serasa mengemudikan mobil listrik tanpa perlu khawatir kehabisan baterai.

Viral :   Deretan Jenis Mobil Mahal di Indonesia 2021

Batterai motor listrik yang ada pada toyota raize hybrid ini menggunakan hensi lithium ion dengan kapasitas 4,3 Ah. Sehingga tenaga yang dihasilkan yakni 106 Ps dengan torsi 170 Nm. Tenaga dan torsi tersebut jelas lebih besar dibandingkan versi 1.200 cc, 3 silinder standar. Diversi standar, tenaga yang dihasilkan sekitar 88 Ps dengan torsi 113 Nm dengan pilihan transmisi manual 5 speed dan otomatis CVT.

Toyota Raize Hybrid saat ini hadir dengan menggunakan fitur Smart Pedal atau juga disebut sebagai S-PDL. Dimana fitur ini merupakan transmisi otomatis single speed dimana bisa dioperasikan dengan one pedal driving alias hanya menggunakan pedal gas tanpa perlu menginjak pedal rem karena transmisi yang memiliki pengereman regenartif yang bekerja secara otomatis. Fitur ini juga sama seperti yang ada di Nissan Kicks E-Power.

Selain itu, Toyota mengklaim jika mesin hybrid ini memiliki efisiensi bahan bakar yang tergolong sangat luar biasa. Dimana mobil satu ini akan memperoleh konsumsi bbm hingga 28 km/liter. Jelas konsumsi bbm mini melonjak jauh bahkan dibandingkan dengan mobil LCGC sekalipun yang memang sudah sangat irit.

Viral :   5 Mobil Keren Ini akan dirilis Honda mulai tahun 2021

Fitur lainnya yang terdapat pada mobil Toyota Raize Hybrid adalah fitur safety canggih, termasuk Toyota Safety Sense. Fitur TSS ini juga kurang lebih sama persis dengan kebanyakan produk Toyota lainnya. Mulai dari Adaptive Cruise Control, Forward Collison Warning, Lane Departure Warning, Lane Keep Assist, Blind Spot Monitoring, dan lain-lain.

Yang berbeda dari Toyota Raize standar adalah penggunaan rem tangan. Dimana rem tangan manual, diversi Hybrid ini menggunakan rem parkir elektrik lengkap dengan Auto Hold. Hadirnya fitur-fitur ini jelas akan memberikan rasa aman serta nyaman Ketika berkendara dengan Toyota Raize hybrid ini.

Berbicara masalah harga Toyota Raize hybrid, dimana Toyota Raize hybrid dengan varian G dibanderol berkisar 2,1 Yen atau Rp 271 jutaaan, sedangkan untuk varian Z memiliki harga sekitar 2,3 juta Yen atau sekitar Rp 292 jutaan.