Wajib Diketahui, 3 Penyebab Oli Mesin Cepat Berkurang

Penyebab Oli Mesin Cepat Berkurang – Bagi anda yang memiliki kendaraan bermotor, baik sepeda motor ataupun mobil disarankan untuk selalu memperhatikan kondisi pelumas atau oli mesin kendaraan. Hal ini wajib dilakukan, dikarenakan akan berhubungan langsung dengan performa mesin serta komponen yang ada didalamnya agar awet dan dapat berfungsi dengan baik serta maksimal.

Umumnya, oli pada kendaraan bermotor wajib diganti secara rutin dalam jangka waktu tertentu, seperti disaat kendaraan anda sudah menempuh jarak 2000 km atau 2 bulan pemakaian. Namun terkadang banyak pemiliki motor yang masih mengeluh dikarenakan oli cepat berkurang walau sudah sering diganti. Berikut ini beberapa penyebab oli mesin cepat berkurang diantaranya :

Viral :   Wajib Tau ! 3 Indikasi Power Steering Mengalami Gangguan
1. Volume Oli berlebihan

Penyebab oli mesin cepat berkurang yang pertama dikarenakan kondisi volume oli yang berlebihan. Disaat melakukan pergantian oli, disarankan untuk terlebih dahulu membaca informasi mengenail volume cairan pelumas yang biasanya terdapat pada dinding mesin kendaraan. Dengan begitu anda akan mengetahui ukuran yang volume oli yang pas yang dibutuhkan oleh mesin kendaraan anda, biasanya oli yang terisi melebihi batas takaran akan menyebabkan oli merembes sampai keluar.

2. Karet seal sudah rusak

Penyebab oli mesin cepat berkurang selanjutnya dikarenakan kondisi karet seal yang sudah rusak. Salah satu penyebab karet seal rusak biasanya dikarenakan usia pakai yang sudah melampaui batas, dimana karet seal yang terbuat dari bahan dasar karet ini, jika terpapar panas terus menerus akan membuat teksturnya menjadi keras dan akan mudah menyebabkan retak. Untuk itu selalu cek kondisi karet seal kendaraan anda.

Viral :   Kenali Beberapa Penyebab Turun Mesin Mobil Serta Perkiraan Biaya Turun Mesin Mobil
3. Packing mesin sudah tidak baik

Penyebab oli mesin cepat berkurang yang terakhir dikarenakan packing mesin yang sudah tidak baik lagi. Packing mesin kendaraan yang bocor biasanya dikarenakan usia pakai yang sudah cukup lama. Untuk itu, jika dirasa kendaraan roda dua anda sudah berusia cukup tua, disarankan untuk segera mengecek kondisi berbagai macam komponen yanga ada didalamnya. Salah satunya adalah packing mesin yang memiliki peran penting bagi kendaraan.