Pasang Relay Klakson Mobil

Cara Pasang Relay Klakson Mobil

Klakson merupakan sebuah komponen yang terdapat pada kendaraan ber motor. Dimana komponen ini memiliki ukuran yang kecil namun memiliki posisi yang vital dalam sistem keamanan mobil. Hal ini dikarenaka fungsi klakson sebagai pemberi peringatan kepada para pengemudi lain ketika sedang berkendara. Walaupun disetiap mobil sudah dilengkapi dengan klakson, namun kebanyakan orang terkadang menginginkan lebih dari sekedar klakson biasa, seperti ingin memiliki klakson yang suarnya lebih besar dan lebih keras serta berkualitas dibandingkan dengan suara klakson bawaannya. Salah satu caranya yakni dengan merubah rangkaian sendiri dengan pasang relay klakson mobil untuk menguatkan arus.

salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan suara klakson mobil menjadi lebih nyaring yakni dengan pasang relay klakson mobil pada rangkaian klakson, dengan adanya penambahan relay ini tentu arus listrik akan dibuat lebih pendek tanpa harus melewati saklar utama. Dengan lebih pendeknya sirkuit rangkaian ini, maka arus dari aki mobil jadi tidak akan berkurang dan akan langsung masuk kedalam horn sehingga suara klakson mobil pun menjadi nyaring.

Viral :   Mengenal Istilah Coating Mobil dan Manfaat Yang Didapat Dari Pengaplikasiannya

Untuk anda yang menginginkan suara klakson mobil menjadi lebih nyaring, berikut wiring diagram pasang relay klakson mobil agar lebih mudah untuk dipahami:

Wiring Diagram Relay Klakson Mobil

 

Pejelasan :

Perhatikan gambar di atas, pada bagian merah merupakan tegangan baterai 12 volt dan masuk ke dalam terminal + pada klakson mobil. Sedangkan garis hitam merupakan kabel negative yang dikendalikan oleh saklar yang dipasang pada setir, dimana jika saklar pada kemudi setir ini anda tekan, maka akan menghubungkan menuju ground dan listrik akan mampu mengalir dan menghasilkan bunyi klakon.

Umumnya pada klakson bawaan dari pabrik terdapat dua soket, dimana kedua soket tersebut anda hubungkan pada relay no 85 dan 86. Kemudian relay no 30 di sambungkan pada kutub positif aki , selanjutnya relay klakson nomor 87 akan mengeluarkan atau menghantarkan setrum yang bisa langsung disambungkan ke bagian klakson.

Viral :   Menunggu Hadirnya Mobil Honda Paling Gres, Apa Saja?

Cukup mudah bukan? anda bisa pasang relay klakson mobil sendiri di rumah dengan bantuan beberapa kabel dan juga relay. Yang terpenting dalam hal ini adalah selalu gunakan produk yang pastinya memiliki kualitas baik, entah itu relay, kabel, ataupun sekring. Dan yang perlu di ingat, apa pun jenis klakson yang anda pakai tentunya setiap jenis klakson memiliki kekurangan serta kelebihan masing masing.

Kata PencarianArus Relay Klakson ,Harga Relay Klakson ,Harga Relay Klakson Avanza ,Harga Relay Klakson Mobil ,Klakson Denso Tanpa Relay,relay klakson,Relay Klakson Avanza ,Relay Klakson Grand Livina ,Relay Klakson L300 ,Relay Klakson Mobil ,relay untuk klakson