Berapakah Ukuran Garasi Mobil Yang Ideal ? Berikut Ulasannya!

Bagi para pemilik mobil , agar keindahan cat body mobilnya awet dan menjaga kondisi mobil agar tetap nyaman digunakan tentunya akan membutuhkan garasi mobil untuk tempat penyimpanan serta berteduh mobil dari panasnya terik matahari ataupun hujan. Namun sebelum anda membuat garasi mobil, terlebih dahulu pastikan ukuran garasi mobil sesuai dengan mobil yang anda miliki, hal ini menjadi penting disaat lahan tempat tingga anda tidak terlalu luas.

foto : desain.id

Berbicara tentang ukuran garasi mobil, tentunya tergantung dari besar kecilnya mobil. Untuk mobil jenis Low Cost Green Car seperti Honda Jazz, Honda brio atau kendaraan sejenis lainnya, ukuran garasi mobil nya cukup berukuran dikisaran 2,4 m x 4,8 m. Namun bagi anda yang memiliki mobil yang lebih besar misalnya mobil jenis SUV tentunya ukuran garasi mobil nya pun berbeda dengan yang tadi. Anda bisa membuat ukuran garasi mobil berjenis SUV dengan ukuran kurang 3 m x 6 m. Lalu berapakah ukuran garasi mobil yang paling ideal ? Berikut penjelasannya.

Ukuran Garasi Mobil Yang Ideal

Menentukan ukuran garasi mobil atau carport mobil yang ideal memang bukanlah hal yang gampang. Dimana dalam membuat garasi mobil dibutuhkan pertimbangan yang matang dan sebaiknya garasi mobil yang nantinya dibuat minimal memenuhi kriteria layak, tepat dan nyaman.

Dari tiga hal kriteria tersebut tentunya tergantung pada besar kecilnya ukuran mobil yang Anda miliki. Sebagai contoh untuk ukuran garasi mobil kecil atau mobil dengan jenis LCGC seperti Honda Jazz, Toyota Yaris dan Honda Brio anda bisa menggunakan ukuran garasi mobil 2,4 m x 4,8 m.

Viral :   Harga Mobil Fortuner OTR Jakarta 2021
foto : arsindo.com

Sedangkan untuk anda yang memiliki mobil yang lebih besar dari pada itu, haruslah dibuatkan garasi yang ber ukuran 3 m x 6 m, atau 3 m x 5,5 m dengan tinggi setidaknya 2,8 m. Namun disarankan agar anda membuat ukuran garasi mobil di pilihan kedua yakni berukuran 3 m x 6 m, atau 3 m x 5,5 m dengan tinggi 2,8 m, hal ini untuk menjaga jika suatu saat anda memiliki mobil yang lebih besar dibandingkan ukuran mobil LCGC.

Tidak ada salahnya jika anda tetap membuat ukuran garasi mobil lebih kecil daripada yang kami sarankan di atas. Namun untuk segi kenyaman sebaiknya ikuti saran tersebut. Terlebih lagi, hampir sebagian banyak orang memanfaatkan garasi mobil bukan hanya sekedar untuk menyimpan mobil saja, namun juga untuk menyimpan perkakas yang berkaitan dengan perlengkapan mobil.

Pada umumnya sebuah garasi mobil biasanya diterapkan pada rumah yang memiliki standar lahan serta bangunan berukuran 54/90 m². 54 m2 merupakan ukuran luas rumah dan 90 m merupakan luas lahan tanah yang dimiliki. Namun jika ukuran lahan yang anda miliki dibawah ukuran yang disebutkan tadi, seperti tipe 45/70 m² atau 21/60 m² hampir dipastikan nantinya akan mengorbankan ruangan lainnya.

Desain Garasi Mobil Yang Benar

foto : rumah.com

Ukuran garasi mobil umumnya memiliki minimum rata-rata 3 x 6 meter per mobil. Ukuran ini merupakan ukuran yang paling ideal dan memungkinkan cukup ruang bagi anda untuk membuka pintu dan berjalan di depan ataupun di belakang mobil setelah mobil diparkir di garasi. Sedangkan mengenai panjang ukuran garasi mobil sebaiknya minimal 7 meter, hal ini agar memungkinkan lemari atau rak penyimpanan muat di depan mobil yang diparkir.

Selain itu, untuk menambah kenyamanan idealnya garasi juga wajib diperlakukan seperti layaknya ruangan-ruangan lainnya seperti kamar ataupun ruang tamu. Selain menentukan ukurannya, anda juga bisa memulai desain garasi yang benar dan harus memenuhi beberapa unsur. Seperti adanya ventilasi udara, pemilihan lantai dan menentukan model pintu yang cocok serta menyediakan sarana penyimpanan barang sparepart dan kerperluan lainnya.

Viral :   Peluang Penyedia Bahan Baku Baterai Mobil Listrik
foto : ruangarsitek.id

Setelah menentukan ukuran garasi mobil dan desain nya sebaiknya anda juga mempertimbangkan jalan masuk ke garasi, yang pastinya akan memakan ruang yang cukup besar pada lahan Anda. Karena itu, untuk menyeimbangkan jalan masuk dengan desain rumah Anda, Dibutuhkan perencanaan yang matang sebelum membuat garasi mobil. Pada umumnya, akses masuk mobil hanya berupa garis lurus dari jalan ke garasi. Tetapi jika anda menginginkan rancangan pola sirkulasi yang baik, sebaiknya anda pertimbangkan diameter putaran mobilnya. Umumnya untuk putaran mobil yakni antara 12,2 hingga 15,2 meter. Dimana untuk area tersebut anda memerlukan kurang lebih 7 meter untuk mundur dengan mulus dan kemudian mulai berputar lalu bergerak maju. Untuk lebih jelasnya lagi tentang ukuran dimensi atau ukuran kendaraan, berikut ini wartaoto sertakan beberapa ukuran mobil yang sudah beredar di tanah air.

Ukuran Umum Kendaraan

Van dan SUV:

Lebar: 1,8 – 2,1 meter

Panjang: 4,9 – 5,8 meter

Tinggi: 1,5 – 1,8 meter

Mobil besar dan mewah:

Lebar: 1,8 – 1,9 meter

Panjang: 4,9 – 5,5 meter

Tinggi: 1,4 – 1,5 meter

Mobil kecil dan sport:

Lebar: 1,5 – 1,8 meter

Panjang: 4,3 – 4,9 meter

Tinggi: 1,2 – 1,5 meter

Kata PencarianGarasi Mobil Mewah ,Garasi Minimalis ,Garasi Mobil ,Garasi Mobil Minimalis ,Garasi Mobil Sederhana,Garasi Rumah ,Ukuran Garasi ,Ukuran Garasi Mobil