Terapkan Teknik Eco Driving ini Agar Mobil Lebih Irit BBM

Terapkan Teknik Eco Driving ini Agar Mobil Lebih Irit BBM – Mengutip situs resmi Nissan, Teknik Eco Driving merupakan sebuah cara mengemudi yang memiliki tujuan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar kendaraan secara efisien serta berperan mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya. Selain efisien, penerapan teknik Eco Driving juga berkontribusi terhadap program pelestarian lingkungan dengan mengurangi sumbangan gas CO2 yang selama ini kendaraan bermotor menjadi sumber emisi karbon terbesar nomor 3.

foto : carvaganza.com

 

Teknik Eco Driving merupakan bagian dari 3 aspek keahlian mengemudi yang wajib dikuasai oleh para pengemudi. Dimana dua keahlian lainnya yakni Defensive Driving yang bertujuan untuk menyelamatkan nyawa, waktu dan uang, serta Safety Driving yang pastinya mengutamakan teknik mengemudi aman.

Saat ini, teknik berkendara Eco Driving mulai tren dikalangan pengemudi. Hal ini karena dengan menerapkan teknik ini akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien. Untuk itu, bagi kalian yang belum memahami teknik eco driving, berikut ini beberapa teknik eco driving yang bisa kalian terapkan agar mobil menjadi lebih irit BBM.

Terapkan Teknik Eco Driving ini Agar Mobil Lebih Irit BBM

  • Akselerasi Perlahan

Usahakan disaat anda memulai akselerasi sedikit lebih perlahan, dengan kata lain saat mulai akselerasi berkisar 20 km/jam selama 5 detik. Hal ini tentunya akan mengurangi konsumsi bahan bakar mobil anda sekitar 11 persen.

  • Mengemudi dengan Sedikit Akselerasi dan Deselerasi

Teknik eco driving selanjutnya adalah mengemudi dengan sedikit Akselerasi dan Deselerasi. Disaat mengendarai mobil, usahakan untuk selalu berada dikecepatan yang konstan atau tetap dengan jarak yang cukup berdasarkan pada kondisi keadaan lalu lintas antar mobil.

  • Kurangi Penggunaan AC

Ketika kita menggunakan AC dengan suhu 25°C, maka hal ini akan meningkatkan penggunaan bahan bakar sekitar 12%. Untuk itu ada baiknya kurangi penggunaan AC di suhu 25°C, hal ini juga akan mencegah suhu yang terlalu dingin dalam ruang kabin mobil anda.

  • Stop Idling

foto : shutterstock.com

 

Viral :   Grease Pelumas Penting Yang Wajib Anda Miliki

Ketika mesin menyala dengan kondisi idle dalam waktu lama maka mobil akan menggunakan sekitar 130cc bahan bakar disaat mesin idling selama 10 menit (kondisi netral dengan AC dalam keadaan mati). Disarankan agar anda tidak membiarkan mesin mobil anda menyala dengan kondisi idle yang cukup lama.

  • Tidak Menekan Pedal Akselerator

Dalam teknik eco driving biasakan untuk menggunakan engine brake secara positif, hal ini tentunya akan menghentikan supply bahan bakar serta penggunaan bahan bakar menjadi menurun sekitar 2%.

  • Memanaskan Mesin dengan Tepat

Usahakan jangan terlalu memanaskan mesin terlalu lama, hal ini akan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Disarankan untuk memanaskan mesin kurang lebih 3 menit atau ketika jarum penunjuk suhu mesin sudah mulai bergerak.

  • Cek Tekanan Udara Ban

Sebelum berkendara, biasakan untuk selalu cek tekanan ban mobil anda. Jika tekanan udara ban berkurang 50 kPa (0.5 kg/cm2) dari tekanan normal, maka akan terjadi peningkatan konsumsi bahan bakar sekitar 2% – 4%.

  • Jangan Membawa Barang yang Tidak Diperlukan

Teknik Eco Driving yang terakhir yakni jangan membawa barang berlebihan. Dengan kondisi beban kendaraan yang berat maka secara otomatis akan membuat kinerja mesin menjadi lebih ekstra sehingga akan meningkatkan konsumsi bahan bakar sekitar 3 %. Untuk itu, jika dirasa tidak terlalu penting, sebaiknya untuk tidak membawa barang bawaan yang banyak.

Viral :   Inilah 10 Garasi Mobil Mewah dan Termahal di Dunia