Mengenal Cara kerja Thermostat dan Fungsi Dari Komponen Ini

Cara kerja Thermostat – Thermostat merupakan sebuah komponen yang sangat penting yang ada didalam sistem engine cooling atau pendinginan mesin. Komponen satu ini memiliki bentuk katup yang terdiri dari dua buah jenis logam berbeda yang mana jika dilewati oleh suhu diatas suhu kerja maka katup ini akan membuka, dan menutup kembali ketika suhu mesin sudah kembali dingin ( kembali ke suhu kerja ).Saat ini hampir semua kendaraan roda 4  pastinya sudah dilengkapi dengan komponen mungil ini agar menjaga suhu kerja mesin tetap optimal,namun jika suhu mesin tidak dalam lingkaran suhu kerja yang derajat suhunya berkisar diantara 85 hingga 90 derajat celcius maka akan membuat kinerja mesin itu sendiri menjadi tidak bagus.

Fungsi thermostat pada mesin mobil
foto : vrmaritime.net

 

Fungsi komponen thermostat sendiri yakni sebagai katup buka dan tutup secara otomatis yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi antara air panas yang ada di ruang mesin dengan air dingin yang ada didalam kisi-kisi radiator sesuai dengan suhu mesin sehingga temperatur kerja mesin tetap stabil agar tenaga mesin yang dihasilkan menjadi besar dan yang pastinya mesin mobil tidak akan overheat.

Viral :   Agar Tidak Salah, Ini Tips Membeli Minibus Toyota Hiace Bekas
Cara kerja thermostat

Cara kerja thermostat sendiri akan bekerja membuka katupnya ketika suhu air pendingin atau water coolant pada mesin sudah mencapai suhu kerja yang besarnya antara 85 – 90 derajat celcius. Sehingga valve thermostat akan secara otomatis menutup kembali ketika suhu mesin sudah menurun. Itulah sebab pentingnya keberadaan komponen satu ini, jika komponen ini dilepas atau tidak dipasang, maka akan membuat temperatur kerja mesin menjadi tidak akan tercapai sehingga membuat proses pendinginan mesin menjadi berkurang. Dan disaat mobil mulai dijalankan dengan kecepatan tinggi, maka akan membuat mesin malah langsung overheat, serta lamanya temperatur kerja mesin tidak akan pernah tercapai ini akan menjadikan tenaga mesin menjadi loyo serta membuat bahan bakar menjadi boros. Jadi harap selalu di ingat jangan pernah melepas thermostat.

Viral :   Harga Mobil Rubicon, Jeep Wrangler 2021 yang Gahar
Proses Sirkulasi pendinginan mesin

Saat pertama kali mesin kendaraan dihidupkan maka suhu/temperatur kerja mesin ini masih rendah dikarenakan suhunya masih dingin seperti suhu ruangan yang besarnya kira kira 23 sampai 25 derajat celcius. Dan air pendingin yang berada didalam mesin kendaraan akan bersirkulasi dengan bantuan pompa air dan akan terus berputar putar dari mesin melalui selang bypass kemudian ke pompa air begitu seterusnya sampai suhunya benar benar mencapai temperatur kerja. Setelah temperatur kerja mesin tercapai dan supaya mesin tidak overheating maka cara kerja thermostat ialah katup thermostat akan bekerja otomatis secara terbuka dan membebaskan air bersuhu panas didalam blog mesin yang menuju radiator untuk didinginkan, sedangkan air dingin dari radiator akan dimasukkan kedalam blog mesin guna mendinginkan mesin.