Mengenal Fungsi Lower Arm dan Ciri-ciri Kerusakannya

Lower arm merupakan salah satu komponen yang terdapat pada sistem suspensi mobil, komponen ini terbilang salah satu bagian terpenting untuk menjaga suspensi kendaraan tetap stabil saat dikemudikan. Tanpa adanya komponen ini, maka mobil tidak akan terasa nyaman saat dikendarai meski sudah dilengkapi dengan shock absorber sekalipun.

foto : inkuiri.com

Lower arm biasa disebut dengan nama lengan ayun bawah atau control arm. Komponen satu ini memiliki letak yang sangat beragam tergantung pada setiap jenis dan tipe mobil. Selain itu, lower arm juga memiliki model yang cukup bervariasi, misalnya pada model suspensi double wishbone yang mana lower arm nya berbentuk seperti huruf A, terus ada juga suspensi dengan jenis suspensi macpherson dengan model lower arm mirip seperti huruf L. Selain itu, pada beberapa model suspensi lainnya, ada lower arm yang berbentuk mirip dengan huruf I.

Baca Juga : Review Spesifikasi Lengkap Honda CRV Gen 3 Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Meski memiliki model yang beragam, komponen ini merupakan bagian terpenting yang ada di suspensi mobil untuk membuat kendaraan lebih nyaman saat dikemudikan dan mudah dikendalikan. Dikarenakan komponen ini terbilang cukup penting dalam sistem suspensi, maka ada baiknya jika anda sedikit mengetahui fungsi lower arm ini.

1. Memastikan roda berbelok beriringan

Lower arm memiliki fungsi yakni memastikan roda mobil bisa berbelok serta bergerak seirama dengan sudut sudut kemudi yang sesuai antara roda sebelah kanan dan roda sebelah kiri mobil. Dimana pada posisi ujung komponen ini yang dekat dengan roda dan memegang knuckle dihubungkan dengan ball joint agar roda bisa berbelok serta bergerak dengan leluasa mengikuti arah dari kemudi.

2. Mengontrol gerakan roda

Lower arm juga berfungsi sebagai pengontrol gerakan roda, saat kendraan dikemudikan di jalan, maka akan secara otomatis roda mobil bergerak keatas, bawah, maju dan mundur sesuai dengan pergerakan dari pengemudian serta kondisi jalan. Nah, gerakan inilah yang nantinya akan dibatasi oleh komponen ini agar tidak terasa berlebihan. Selain itu, lower arm juga merupakan sebuah komponen yang terhubung dengan shock absorber sehingga secara langsung efek redaman akibat guncangan selama diperjalanan terjadi dikomponen ini. Sehingga pada posisi sudut sudut kemiringan roda akan tetap bisa dipertahankan dan pengemudi akan merasa nyaman.

Info Terkini  Suzuki Baleno Hatchback, Mobil Keluarga dengan Multipoint Injection
3. Tempat menopang knuckle

Fungsi lower arm yang paling utama sebenarnya ialah sebagai tempat untuk menopang knuckle. Seperti yang mungkin sudah anda ketahui, jika knuckle merupakan komponen di mana roda dipasang, berikut juga dengan komponen rem dan hub. Lower arm nantinya akan menopang knuckle, roda, dan perangkat rem melalui ball joint yang terhubung dengan bagian bawah knuckle agar keduanya bisa saling bebas bergerak tanpa terikat.

Ciri kerusakan lower arm mobil

foto : jukeforums.com

 

Karena fungsi komponen lower arm yakni memastikan roda roda mobil berjalan seirama sesuai gerak kemudi, maka tak heran jika komponen satu ini pastinya akan terjadi kerusakan juga. Dengan kondisi lower arm yang rusak maka setir mobil akan menjadi terasa berat, hal ini karena lower arm tidak bekerja secara maksimal sehingga saat anda mulai membelokkan mobil ke kanan, maka anda akan merasakan setir mobil serasa tertarik ke kiri begitupun sebaliknya.

Info Terkini  9 Merk Pelindung Cat mobil Terbaik 2021

Baca Juga : Menilik Perbedaan Aki Kering dan Basah

Selain ciri kerusakan diatas, anda pun dapat merasakan ciri ciri awal kerusakan lower arm, yaitu rem akan terasa menyentak saat diinjak atau biasanya muncul bunyi kasar saat berjalan di permukaan tak rata. Mobil pun nantinya akan terasa seperti tertarik sebelah ketika pedal gas diinjak setelah beberapa saat berhenti. Kondisi ini pastinya akan membuat pengalaman mengemudi Anda kurang nyaman dan aman.

Dikarenakan fungsi dari lower arm sangatlah vital pada kenyamanaan mobil saat diajak berkendara , maka disarankan agar anda selalu merawat dan mengecek kondisi lower arm mobil ini. Jika ciri ciri kerusakan diatas dirasa pernah anda alami sewaktu anda mengendarai mobil, maka disarankan untuk segera pergi kebengkel resmi terdekat guna dilakukan pengecekan dan perbaikan.

Kata PencarianFungsi Lower Arm,fungsi Suspension lower arm,Harga Lower Arm Mobilio ,Lower Arm Brio ,Lower Arm Grand Livina ,Lower Arm Innova ,Lower Arm Livina ,Lower Arm Mazda 2