Mengenal Lebih Jauh Mobil Mazda MX-5 Miata Dari Keluaran Pertama Hingga Yang Terbaru 2021

Kendaraan roda 4 dengan jenis Roadster memang sangat menarik perhatian. Terlebih jika dilihat dari segi dimensinya yang kecil, mobil ini hanya mampu dinaiki oleh 2 orang saja. Salah satu mobil yang pasti mencuri perhatian orang orang disekitarnya ketika sedang berjalan ini adalah Mazda MX-5 Miata.

Mazda MX-5 Miata merupakan mobil roadster 2 penumpang yang dibuat dengan bahan material yang begitu ringan. Mobil ini juga mempunyai konfigurasi mesin depan dan berpenggerak roda belakang. Mobil ini juga menawarkan gaya bentuk body convertible, dimana atap mobil ini bisa dibuka ketika sedang berkendara.

Mazda MX-5 Miata pertama kali dibuat pada tahun 1989 dan sudah mengalami 4 kali transformasi. Dimana generasi pertama mobil ini diproduksi di Hiroshima, Jepang dan pertama kalinya diperkenalkan ke publik di ajang Chicago Motor Show pada tahun 1989 silam. Generasi pertama dari Mazda MX-5 dibuat sejak tahun 1989 dan bertahan hingga tahun 1997. Selama mobil ini diproduksi, Mazda MX-5 sudah mendapatkan berbagai penghargaan seperti 1990 Automobile of The Year dari Automobile Magazine dan 10Best List tahun 1990 ke 1992 dari Car And Driver’s.

foto : auto-motor-und-sport.de

 

Generasi pertama Mazda MX-5 Miata saat itu disematkan mesin empat silinder segaris 1.6 L hingga tahun 1993. Selepas tahun itu, Pabrikan Mazda mulai mengembangkan kemballi mesin 1.6 L tersebut menjadi 1.8 L. Mazda MX-5 Miata generasi ini masih menggunakan gaya lampu depan pop up.

Viral :   Daftar Harga Mobil Bekas Avanza, Murah dan Berkualitas

Pada generasi kedua Mazda MX-5 Miata lampu depan mobil ini sudah mengalami perubahan dengan menggunakan fix headlamp dan kaca bagian belakang menggunakan kaca. Pada generasi kedua ini mobil dengan kode NB ini menggunakan mesin yang sama namun ada sedikit sentuhan sehingga tenaganya lebih besar dibandingkan generasi pertama.

Generasi Ketiga Mazda MX-5 Miata menggunakan kode NC. Dimana pada generasi ketiga ini banyak perbedaan dari generasi sebelumnya. Mazda MX-5 Miata generasi ketiga ini diproduksi pada tahun 2005 hingga tahun 2015 dan mobil ini pertama kali diperkenalkan melalui mobil konsep Mazda Ibuki pada tahun 2003.

Mobil ini tidak hanya ditawarkan menggunakan atap Soft Top tapi juga ditawarkan dengan varian Hard Top pada tahun 2007. Dimana pada generasi ini, body dari Mazda MX-5 Miata mengalami pelebaran, baik dari segi dimensinya dan mobil ini menggunakan mesin dengan kapasitas yang lebih besar yakni menggunakan 2.0 L.

Sementara generasi terbaru selanjutnya dari Mazda MX-5 Miata diproduksi pabrikan Mazda pada September 2014. Pada generasi keempat ini, Mazda menginformasikan jika model terbarunya ini lebih ringan hingga 100kg dibanding model sebelumnya. Hal ini berkat penggunaan Sky Activ Chassis dengan kelebihan mempunyai pusat gravitasi rendah. Sedangkan untuk dimensinya, mobil ini dibuat lebih rendah ketimbang generasi ketiga hingga 105 mm, sumbu rodanya dikecilkan 15 mm, lalu 20 mm lebih rendah namun 10 mm lebih lebar. Sedangkan untuk performanya pihak mazda sudah membekali mobil Mazda MX-5 Miata dengan mesin secara longitudinal yang berkapasitas 1.5 liter dan dapat menyemburkan power hingga 140 Horse power, serta mesin kapasitas 2.0 liter yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 180 Horse power.

Viral :   Maserati Quattroporte 2021 Harga Dan Spesifikasi
foto : caranddriver.com

 

Dan ditahun 2021 ini pabrikan Mazda melakukan gebrakan baru lagi dengan menghadirkan Mazda MX-5 Miata 2021. Dimana mobil ini hadir dengan tipe atap Sport dengan soft-top, tipe Club, tipe RF, tipe Grand Touring, dan untuk tipe RF Grand Touring tersedia dengan hard-top. Untuk tipe Sport dan Club, mobil Mazda MX-5 Miata 2021 akan hadir dengan transmisi manual atau otomatis. Namun, khusus untuk tipe Club transmisi manual akan disediakan dengan tambahan paket aksesoris berupa velg BBS, rem Brembo, dan jok Recaro.

Meskipun mendapatkan tambahan fitur dan warna yang baru, berbicara masalah jantung pacunya, mobil Mazda MX-5 2021 Miata menggunakan mesin Skyactive-G berkapasitas 2.000 cc 4 silinder yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 181 hp (7,000 rpm) dengan torsi puncak 205 Nm (4.000 rpm). Tenaga tersebut nantinya akan disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6-percepatan atau transmisi otomatis 6-percepatan dengan paddle shift.