Kenali Tanda-tanda Kerusakan Pada Shockbreaker Absorber

Suspensi kendaraan roda 4 terdiri dari beberapa komponen yang memiliki peran masing-masing, salah satunya yakni Shockbreaker Absorber atau biasa disebut damper. Shockbreaker Absorber merupakan sebuah alat mekanik yang didesain untuk meredam hentakan yang dihasilkan oleh energi kinetik sehingga mobil tidak akan memantul saat melewati jalan yang tidak rata.

foto : mycarneedsa.com

 

Shockbreaker Absorber sendiri memiliki beberapa fungsi diantaranya meredam ayunan atau getaran yang terjadi pada kendaraan, meningkatkan kenyamanan pengendara dan penumpang saat dalam perjalana serta, mengendalikan stabilitas dan memudahkan pengendalian kendaraan.

Setiap komponen kendaraan sudah pasti lama kelamaan akan mengalami kerusakan seiring waktu dan pemakaiannya, untuk itu ada baiknya jika anda yang memiliki kendaraan roda 4 ini , setidaknya bisa mengetahui tanda tanda kerusakan Shockbreaker Absorber mobil :

1. Kebocoran oli

Tanda tanda yang pertama bisa dilihat secara fisik, yakni ditandai dengan keluarnya oli dari komponen Shockbreaker Absorber ini. Jika hal ini terus dibiarkan maka semakin lama akan semakin banyak oli yang keluar sehingga kondisi oli yang ada didalam Shockbreaker Absorber akan habis dan mengakibatkan komponen ini tidak berfungsi sama sekali.

Viral :   Jenis Mobil VW Keluaran Terbaru
2. Kerusakan pada tabung shock absorber

Kondisi tabung shockbreaker absorber yang penyok bisa menyebabkan oli, katup, serta piston di dalamnya tidak bisa berfungsi dengan sempurna. Selain itu, kerusakan ini juga bisa menyebabkan karat, goresan, atau kontaminasi sehingga dapat merusak bagian seal sehingga terjadi kebocoran oli.

3. Cupping dan keausan yang tidak merata pada ban
foto : wikihow.com

 

Tanda tanda shockbreaker absorber mobil mengalami kerusakan yang selanjutnya adalah ditandai dengan roda mobil yang dengan mudah memantul keatas maupun kebawah ketika mobil dibawa berjalan. AKibat yang ditimbulkan dari kerusakan ini adalah dapat mengakibatkan keausan ban mobil menjadi tidak rata atau biasa disebut dengan istilah cupping.

4. Terjadi kejutan / guncangan yang keras

Tanda tanda selanjutnya yang dapat dirasakan jika shockbreaker absorber mengalami kerusakan ialah terjadinya kejutan atau guncangan yang keras saat mobil melewati lubang atau jalan bergelombang yang pastinya dapat mengurangi kenyamanan penumpangnya. Tanda lainnya juga adanya suara atau bunyi pada bagian shockbreaker absorber yang rusak saat melewati jalan yang tidak rata.

Viral :   New Mobil Nissan GTR R50 Siap Test Car
5. Mobil memantul ketika ditekan di salah satu sisi

Yang terakhir yakni ditandai dengan kondisi mobil yang memantul ketika ditekan disalah satu sisi mobil. Saat mobil ditekan kebawah lalu dilepaskan, umunya mobil akan kembali ke posisi semula tanpa adanya pantulan, namun jika komponen shockbreaker absorber mobil mengalami kerusakan maka akan membuat mobil terlihat memantul keatas dan kebawah

Jika tanda tanda diatas pernah anda alami pada mobil anda, maka segeralah datang kebengkel resmi terdekat guna pengecekan lebih lanjut dan pastinya permasalahan akan cepat diperbaiki. Lalu untuk menjaga dan merawat shockbreaker absorber mobil dapat anda lakukan dengan cara mengurangi frekuensi penggunaan mobil di jalan yang berlubang dan tidak sering-sering berkendara dengan muatan yang berlebihan.