Mobil Kia Sportage – Mobil SUV Terbaru Yang Bertabur Fitur Canggih

Pabrikan asal Korea Selatan Kia dikabarkan saat ini sedang mempersiapkan generasi terbaru dari Sportage yang bakal diluncurkan dalam waktu dekat ini. Setelah sebelumnya merilis tampilan desain dari mobil Kia Sportage generasi terbaru, kini giliran teknologi serta spesifikasi mesin yang diumumkan oleh pabrikan asal Korea Selatan ini. Senior Vice President and Head of Global Brand and Costumer Experience Division Kia Corporation Artur Martins mengatakan, jika Sportage generasi kelima ini merupakan SUV yang mempunyai tingkat keselamatan, mesin yang responsif, dan efisien.  Ini merupakan inspirasi sejati untuk kategori SUV dalam segala hal,” ujar Artur dikutip dari keterangan resminya, Kamis (8/7/2021).

foto : newcartestdrive.com

 

Berbicara soal mesin, mobil Kia Sportage dibekali dengan mesin bensin 4-silinder TGDI turbocharged 1.600 cc, yang mana bisa menghasilkan tenaga 180 ps atau setara 177 tk dan torsi 265 Nm. Dimana Tenaga ini akan disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi otomatis dual clutch 7-percepatan (7DCT) dan manual 6-percepatan. Selain memiliki  mesin bensin, Mobil Kia Sportage ini juga memiliki mesin diesel 2.000 cc 4-silinder Variable Geometry Turbo (VGT) yang bertenaga 186 PS atau setara 183 HP dan torsi 417 Nm. Dimana tenaga tersebut disalurkan melewati girboks otomatis 8-percepatan.

Viral :   Mobil Mitsubishi XForce: Ternyata ini Kelebihan & Kekurangannya

Tak berhenti sampai disitu, mobil Kia Sportage terbaru ini juga memiliki empat pilihan mode berkendara yaitu pengaturan otomatis, lumpur, salju, serta pasir. Sementara untuk area kabin pada mobil Kia Sportage terbaru juga makin luas jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Jika diperhatikan secara dimensi, mobil Kia Sportage memiliki ukuran panjang 4.660 mm dengan lebar 1.864 mm dan tinggi 1.660 mm. Dengan demikian mobil Kia Sportage terbaru ini akan terlihat lebih bongsor dibandingkan generasi terdahulunya yang mana ukurannya lebih panajang 180 mm, 10 mm lebih lebar, dan 25 mm lebih tinggi dengan ditambah jarak sumbu rodanya juga memanjang sekitar 85 mm.

foto : hollywoodkia.com

 

Viral :   Jenis - jenis Mobil Pemadam Kebakaran

Beragam fitur canggih pun sudah disematkan pada mobil Kia Sportage terbaru ini, seperti Drive Mode dengan Terrain Mode, Highway Driving Assist (HDA), Electric Control Suspension (ECS), dan Navigation-based Smart Cruise Control (NSCC). Tak ketinggalan sampai disitu, Mobil SUV ini juga masih memiliki fitur canggih lainnya seperti Blind Spot Collision Aviodance Assist (BCA), Forward Collision Avoidance Assist (FCA), Blind Spot View Monitor (BVM) serta Remote Smart Parking Assist (RSPA).

Berbicara soal harga, sayangnya sampai dengan saat ini belum diketahui secara pasti berapa harga untuk satu unit mobil Kia Sportage terbaru ini. NAmun banyak beredar rumors jika Sportage generasi kelima ini akan dibanderol mulai 24,45 – 31,85 Juta won atau setara dengan Rp 311 – Rp 405 juta.