Lamborghini Aventador LP 780-4 Ultimae Hadir Dengan Versi Terakhir Aventador

Lamborghini Aventador LP 780-4 Ultimae – Era mesin naturally aspirated pelan tapi pasti mulai menuju kepunahan. Lambat laun pergeseran ke kapasitas mesin kecil plus induksi pendongkrak tenaga semakin meluas. Ditambah lagi zaman elektrifikasi tidak bisa lagi dibendung. Hal ini terbukti dengan banyaknya model yang lambat laun mulai beralih . Mulai dari hypercar  sampai city car harian sudah mulai umum pakai turbo dan hibrida, salah satunya adalah Lamborghini.

foto : evo.co.uk

 

Baru-baru ini lamborghini telah merilis model terakhir dari seri aventador yakni Lamborghini LP 780-4 Ultimae. Mobil satu ini secara resmi dihadirkan untuk para penggemarnya dan memulai debutnya di ajang Goodwood Festival of Speed 2021 yang berlangsung di Inggris, pada 8 – 11 Juli 2021 lalu.

Kehadiran Lamborghini Aventador LP 780-4 Ultimae ini juga sebagai penanda kedigdayaan mesin V12 yang sangat perkasa menopang jajaran supercar asal pabrikan Italia tersebut. Model ini juga diklaim sebagai model yang paling murni dari semua seri Aventador yang pernah dirilis oleh pabrikan.

Lamborghini Aventador LP 780-4 Ultimae yang merupakan mobil asal Italia ini hadir dalam jumlah terbatas. Sesuai namanya yakni Ultimae yang dalam bahasa Italia berarti terakhir. Sementara itu, untuk kode LP 780-4 menandakan jika besaran tenaga dan penggerak empat roda. Mobil ini hanya dibuat sebanyak 350 unit untuk model coupe serta 250 roadster. Diyakini bakal cepat terjual semuanya.

Viral :   Rekomendasi Jasa Towing Bandung Terbaik

Mobil asal pabrikan Italia ini hadir dengan monokok serat karbon yang unik, sangat kaku dan ringan. Dimana penggunaan serat karbon ini juga digunakan di seluruh bodi, sehingga dapat menghasilkan bobot yang lebih ringan lantaran menghasilkan 1.550 kilogram. Lamborghini Aventador LP 780-4 Ultimae memiliki mesin V12 dimana mesin tersebut merupakan mesin terbuas dari Lambo. Selain itu, mesin V12 sanggup menghasilkan tenaga sebesar 780 PS dari mesin 6,5-liter V12 NA beserta torsi 720 Nm. Dimana torehan tenaga ini paling besar sejauh ini, melebihi 40 PS dari Aventador S dan 10 PS lebih besar dari SVJ. Dengan kecepatan maksimum tersebut, supercar ini mampu berakselerasi dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dengan waktu sangat singkat yakni 2,8 detik serta mampu menyentuh kecepatan maksimum 355 kpj.

Viral :   Intip Kehebatan Supercar Hennessey Venom GT
foto : byri.net

 

Desain Lamborghini Aventador LP 780-4 Ultimae ini hadir dengan mengadopsi konsep bumper depan khusus yang mana bisa meningkatkan beban aero di bagian depan. Selain itu, Fitur kenyaman lainnya yang juga telah disematkan yakni Lamborghini Dynamic Steering di bagian depan sehingga dapat memberikan umpan balik yang begitu responsif saat melakukan belokan tajam. Mobil asal pabrikan Italia ini juga telah hadir dengan sistem aerodinamika yang canggih. Dimana Bagian splitter depan mobil ini didesain dengan sangat baik sehingga bisa mengarahkan aliran udara tambahan untuk mengoptimalkan efisiensi aerodinamika, pendingin mesin dan radiator.

Berlanjut pada rear wing yang disematkan, Lamborghini Aventador LP 780-4 Ultimae sudah dibekali dengan teknologi terkini lantaran bisa menyesuaiakan dengan tiga mode, tertutup, maximum performance dan maximum handling. Ketiga mode ini nantinya akan bekerja secara otomatis tergantung pada kecepatan dan mode penggerak yang dipilih, sehingga dapat mengoptimalkan keseimbangan keseluruhan mobil.