4 Jenis Material Kaca Film Mobil Yang Wajib di Ketahui Sebelum Memasangnya

Kaca film merupakan aksesoris berupa lapisan yang ditempelkan ke kaca mobil yang berfungsi untuk mengurangi efek panas dari sinar matahari. Kaca film sendiri terbagi menjadi 4 jenis berdasarkan bahan dasar yang terkandung di materialnya, dimana dari ke 4 jenis material kaca film tersebut bisa anda jadikan sebagai salah satu pertimbangan sebelum memasangnya di mobil kesayangan anda.

Kaca film sendiri merupakan komponen tambahan untuk kaca mobil anda yang saat ini sudah banyak digunakan oleh para pemilik kendaraan beroda empat. Ada banyak fungsi yang bisa didapatkan jika anda memasangnya pada mobil anda, seperti menjaga privasi dan menghindari tindak kriminal, menghalau sinar matahari, hingga aspek estetik untuk pemanis mobil.

Untuk itu sebelum membeli dan memasang kaca film pada mobil anda, ada baiknya jika anda mengetahui beberapa material kaca film mobil yang bisa anda jadikan referensi untuk kebutuhan mobil kesayangan anda.

Berikut 4 material kaca film yang harus Anda ketahui sebelum memasangnya.

1. Dyed

Jenis material kaca film yang pertama adalah material dyed, yang mana material ini merupakan jenis material yang bisa dikatakan paling terjangkau atau murah. Keunggulan dari material ini yakni mampu menyerap dan memantulkan sinar matahari, namun jika dilihat dari segi penampilannya tidak terlalu menarik dan terlihat datar.

2. Metal

Selain dapat menahan dan memantulkan sinar matahari, material kaca film metal ini mampu membuat jendela mobil anda menjadi lebih kuat. Keunggulan lainnya dari jenis material metal ini yakni lebih tahan gores ketimbang material jenis dyed. Jika dilihat dari tampilan luar, kaca film ini akan terlihat mengkilap. Namun dibalik kelebihannya, material jenis metal ini memiliki kekurangan dimana dapat mengganggu sinyal perangkat mobile, radio dan GPS.

Viral :   Harga Mobil Yaris Terbaru Semua Tipe dan Spesifikasi
3. Carbon

Jika dilihat dari penampilannya, material kaca film jenis carbon ini terlihat lebih baik ketimbang jenis metal. Hal ini karena material jenis carbon terlihat lebih elegan dan gelap tanpa berkilauan. Selain dapat menangkal sinar matahari, material jenis carbon juga mampu menjaga temperatur didalam mobil dan pastinya material jenis ini akan tidak mudah rusak dan mampu bertahan lama.

4. Keramik

Jika dibandingkan dengan ke 3 material sebelumnya, material kaca film yang terakhir ini merupakan material jenis baru. Dimana material kaca film jenis keramik ini sudah banyak diklaim sebgai material terbaik diantara lainnya. Hal ini dikarenakan material kaca film keramik mampu menyerap dan menangkal panas dengan baik, artistik , tahan lama dan tidak mengganggu sinyal. Namun, untuk mendapatkan kaca film mobil satu ini anda harus menyiapkan dana yang lumayan dikarenakan harga material keramik cukup mahal.

Keuntungan Menggunakan Kaca Film

Mengurangi Sinar Matahari yang Masuk

Silau merupakan kondisi dimana dapat membuat Anda tidak nyaman berada di dalam mobil. Sedangkan AC hanya sanggup menurunkan temperatur tetapi tidak mampu membuat Anda tidak tersorot sinar matahari. Nah, dengan anda menggunakan material kaca film ini akan membuat Anda tidak terpapar cahaya matahari dalam jumlah yang banyak.

Viral :   Mercedez Benz SLK 200
Membantu Menurunkan Temperatur

Kita tahu jika salah satu fungsi kaca film adalah memantulkan sinar matahari yang ingin masuk kedalam kabin. Dengan kondisi seperti ini sehingga dapat membuat panas yang masuk kedalam kabin mobil anda akan berkurang dan secara otomatis akan membuat temperatur udara didalam mobil anda menjadi lebih sejuk dan pastinya anda tidak akan kepanasan.

Mengurangi Konsumsi BBM

Dikarenaka sinar matahari di pantulkan oleh kaca film maka suhu didalam mobil anda akan menjadi lebih sejuk dan membuat kinerja AC yang ada dimobil tidak memakan energi terlalu besar, sehingga konsumsi bahan bakar tidak akan boros.

Mengurangi Risiko Tindak Kriminal

Karena terbatasnya penglihatan orang di luar mobil, maka secara tidak langsung akan mengurangi pelaku kriminal. Hal ini karena pelaku kejahatan akan kesulitan menerawang dan mengamati isi mobil anda.

Anti Silau dan Membuat Nyaman Pengemudi

Keuntungan lainnya dari penggunaan kaca film ini adalah membantu anda saat berkendara menjadi lebih baik dan lebih nyaman. Hal ini karena sinar matahari yang akan mengganggu penglihatan anda dapat dihalau oleh kaca fim, sehingga anda tidak akan mengalami silau dan gangguan penglihatan lainnya.

Meningkatkan Privasi

Dengan menggunakan material kaca film pada mobil anda akan meningkatkan privasi anda. Hal ini dikarenakan orang yang berada diluar mobil anda tidak bisa melihat dengan jelas isi mobil dan aktivitas yang anda lakukan saat berada didalam mobil.