Mengenal Fungsi Kaca Film Mobil dan Tips Memilih Kaca Film Yang Tepat

Mungkin sebagian orang beranggapan jika kaca film mobil adalah salah satu komponen aksesoris mobil yang tidak memiliki fungsi selain fungsi estetis. Faktanya, anggapan tersebut merupakan anggapan yang keliru. Hal ini karena terdapat fungsi lain yang lebih penting selain tidak bisa dilihat dari luar atau agar terllihat lebih stylish.

Fungsi kaca film mobil

1. Pelindung Sinar UV

Fungsi kaca film mobil yang pertama adalah sebagai pelindung dari sinar UV. Yang mana kaca film mobil bisa mengurangi pancaran sinar matahari Ultraviolet yang akan masuk kedalam kabin mobil sehingga anda akan semakin nyaman saat berkendara.

2. Efisiensi Energi

Fungsi kaca film mobil selanjutnya adalah untuk memberikan efisiensi energi mobil. Kita tau bahwa kaca film dapat mengurangi cahaya matahari yang masuk kedalam kabin, sehingga bisa mencegah kenaikan temperatur dalam mobil serta bisa membantu menjaga aktifitas pendingin ruangan atau AC tidak berlebihan sehingga dapat membuat mobil mengkonsumsi bahan bakar lebih sedikit.

3. Menjaga Privasi

Fungsi kaca film mobil yang ketiga yakni untuk menjaga privasi anda dan penumpang yang berada di dalam kabin mobil. Privasi yang dimaksud yakni orang-orang di luar mobil tidak bisa dengan leluasa melihat isi mobil maupun aktivitas penumpang di dalam mobil karena terhalang kaca film.

4. Meningkatkan Tampilan Mobil

Fungsi kaca film mobil selanjutnya yakni bisa meningkatkan tampilan mobil anda menjadi lebih beda dan bergaya. Kaca film dianggap bisa memberikan nilai ekslusif pada mobil, selain itu kaca film juga memiliki berbagai warna dan tingkat kegelapan untuk menyesuaikan dengan kondisi warna dan karakter moobil anda.

Viral :   Mengenal Cara Kerja Flasher Mobil, Fungsi, & Komponennya
5. Mengurangi Resiko Kejahatan

Fungsi kaca film mobil yang terakhir adalah dapat mengurangi resiko kejahatan. Hal ini dikarenakan kaca film dapat menghalangi pandangan orang dari luar terhadap barang barang berharga yang ada didalam mobil, sehingga akan mempersulit orang yang berniat untuk mengambil barang berharga anda didalam mobil.

Tips Memilih Kaca Film Mobil yang Tepat

Setelah anda mengetahui fungsi kaca film mobil, alangkah baiknya jika anda juga mengetahui tips memilih kaca film mobil yang tepat buat mobil anda dari segi tingkat kegelapan kaca film yang ideal. Hal ini perlu anda ketahui, sebab masih banyak orang yang tidak mengetahui berapa persen tingkat kegelapan kaca film mobil yang ideal.

1. Kaca Film Mobil Bagian Depan

Pemasangan kaca film mobil posisi kaca depan disarankan menggunakan kegelapan 20 persen. Namun jika 20 persen menurut anda masih terlalu terang, usahakan tingkat kegelapan hanya sampai 40 persen jangan lebih. Kelebihan menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan 40 persen pada kaca depan yakni tidak akan terlalu silau ketika siang hari. Namun, jika Sahabat termasuk orang yang sering keluar kota sangat dianjurkan untuk menggunakan kaca film mobil dengan tingkat kegelapan 20 persen saja untuk menghindari gangguan pandangan disaat cahaya di jalan yang redup.

Viral :   Cara Menyetel Karburator Mobil Agar Bensin Lebih Irit
2. Kaca Film Mobil Pengemudi

Disarankan agar anda menggunakan kaca film baik samping kiri dan kanan pengemudi dengan tingkat kegelapan 40 persen jika anda menggunakan kaca film posisi depan dengan kegelapan 20 persen. Hal ini karena disaat mata kira melihat kaca depan yang terang lalu kemudian melihat kaca spion dari jendela samping yang gelap maka mata kita akan butuh waktu lama untuk menangkap bayangan di spion.

3. Kaca Film Mobil Bagian

Untuk penggunaan kaca film mobil bagian belakang, jika bagian spion dalam mobil anda dilengkapi dengan rayben mode, maka kaca film belakang mobil anda bisa menggunakan tingkat kegelapan 20 persen atau 40 persen, jangan lebih.

Namun bila bagian spion dalam belum ada mode rayben, disarankan anda memakai kaca film belakang dengan tingkat kegelapan 60 persen, hal ini untuk menghindari cahaya silau dari pantulan lampu mobil di belakang kita lewat spion tengah. Perlu deperhatikan, jangan pernah menggunakan kaca film dengan tingkatan kegelapan 80 persen, itu akan menyulitkan anda saat ingin berjalan mundur khususnya di malam hari.

Kaca film mobil umumnya digunakan untuk jangka waktu panjang. Agar hal itu bisa terjadi maka disarankan saat diawal pemasangan dilakukan dengan benar yakni dengan memastikan tidak ada gelembung saat pemasangan kaca film, selain itu kaca film mobil juga cukup dicuci menggunakan air saja serta memakai lap yang berbahan lembut sehingga tidak menggores atau merusak kaca film nya.