Mengenal Istilah Coating Mobil dan Manfaat Yang Didapat Dari Pengaplikasiannya

Istilah Coating mobil saat ini menjadi perbincangan oleh sebagian besar pemilik mobil. Banyak para pemilik mobil yang penasaran dengan istilah coating mobil dan manfaat yang didapat dari coating mobil. Secara umum coating mobil merupakan proteksi lebih pada permukaan body mobil dengan cara memberikan lapisan tambahan yang berfungsi untuk menjaga warna cat body mobil agar tidak berubah warna dikarenakan beberapa sebab, seperti perubahan suhu, polusi, sinar Ultarviolet dan zat lainnya yang dapat merusak cat body mobil.

Coating mobil sendiri memiliki 3 jenis yakni yang mana dari ketiga jenis tersebut masing masing memeliki kelebihan dan kekurangannya. Pertama yakni coating mobil jenis wax, dimana dana yang anda keluarkan lebih murah tetapi daya tahan coating jenis ini hanya berkisar 1- 2 bulan saja. Kedua coating mobil jenis Polymer, Harga tidak terlalu murah atau mahal dengan ketahanan 3 – 6 bulan. Ketiga Coating mobil jenis nano ceramic coating, dimana jika anda ingin menerapkannya dimobil anda, dana yang harus disiapkan lumayan banyak, hal ini sebanding dengan kualitasnya yang mampu bertahan hingga 2 tahun atau lebih dan pastinya memiliki efek kilap yang paling baik diantara lainnya serta kualitas terbaik.

Viral :   Kombinasi Nissan Silvia S15 dengan R33, Andalan Sehari-hari

Nano ceramic coating mobil sendiri merupakan bahan/obat/teknologi yang digunakan saat proses pelapisan perlindungan cat mobil berlangsung. Sesuai dengan namanya nano atau partikel kecil, bahan yang digunakan pun diklaim bisa menyerap hingga ke pori pori cat mobil sehingga memberikan perlindungan cat mobil yang lebih optimal.

Manfaat coating body mobil

1. Melindungi cat body mobil dari goresan

Manfaat coating mobil yang pertama yakni bisa melindungi cat body mobil dari goresan, seperti goresan yang disebabkan oleh ranting pohon, kerikil atau benda-benda lainnya.

2. Membuat cat mobil lebih mengkilap

Manfaat selanjutnya yakni mampu membuat cat body mobil anda menjadi lebih mengkilap. Hal ini karena bahan nano yang menyerap hingga je pori pori cat mobil akan bisa menjaga kondisi cat mobil selalu terhindar dari kekusaman.

3. Memberi efek daun talas

Manfaat yang terakhir yakni dengan coating mobil mampu memberikan cat body mobil anda memiliki efek daun talas sehingga air hujan ataupun kotoran yang mengenai body mobil anda menjadi sulit menempel dan mudah untuk dibersihkan.

Viral :   Spesifikasi dan Daftar Harga Mobil Honda HRV

Cara Merawat body mobil yang sudah di coating

1. Rutin mencuci mobil

Kondisi mobil yang setiap harinya digunakan pastinya akan membuat body mobil menjadi cepat kotor, maka dari itu dianjurkan untuk mencuci mobil setidaknya 3 hari sekali dengan menggunakan sabun khusus mobil. Dengan rutin mencuci mobil bisa membuat cat mobil yang sudah dicoating menjadi makin tahan lebih lama dikarenakan debu yang menempel akan mudah dihilangkan dikarenakan tidak terlalu lama menempel di body mobil.

2. Perhatikan penggunaan air

Disaat mencuci atau sekedar membersihkan mobil menggunakan air, pastikan tidak menggunakan air sumur yang belum di filterasi. Hal ini dikarenakan kandungan kadar besi yang banyak sangat berbahaya bagi coating mobil anda.

3. Gunakan lap khusus mobil

Disarankan untuk menggunakan lap khusus mobil seperti lap microfiber atau biasa disebut kanebo. Hal ini karena lap microfiber ini sangat cepat untuk menyerap air yang menempel pada body mobil anda sehingga sisa sisa air yang menempel akan hilang oleh lap microfiber ini.