Jangan Panik ! Lakukan Langkah Ini Untuk Mengatasi Mesin Mobil Overheat

Langkah Mengatasi Mesin Mobil Overheat – Salah satu penyebab mesin mobil overheat yang paling sering terjadi yakni dikarenakan kondisi air radiator yang habis. Air radiator yang habis bisa terjadi dikarenakan penguapan akibat suhu mesin yang panas atau dikarenakan adanya kebocoran pada sistem sirkulasi radiator sehingga air radiator menjadi sedikit dan membuat suhu dimesin tidak dapat didinginkan dan terjadilah overheat.

Mesin mobil yang sudah terlalu panas melebihi batasnya atau overheat akan membuat komponen logam dalam mesin mengalami deformasi seperti engine heat yang melenting dan kemudian rusak. Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya anda perlu mengetahui langkah mengatasi mesin mobil overheat agar disaat anda mengalami hal tersebut, anda tidak panik dan tetap tenang dalam mengatasinya.

1. Menepi dan Matikan Mesin

Langkah mengatasi mesin mobil overheat yang pertama yakni dengan menepikan mobil dan matikan mesin mobil agar temperatur atau suhu mesin bisa kembali turun. Hal ini wajib anda lakukan agar meminimalisiri tingkat kerusakan yang lebih parah.

Viral :   Inilah 4 Mobil Double Cabin Terbaik Saat ini
2. Cek Kondisi

Jika anda sudah menepi dan mematikan mesin mobil maka langkah mengatasi mesin mobil overheat selanjutnya adalah dengan mengecek kondisi mobil. Caranya yakni dengan mebuka kap mesin dan mengecek kondisi radiator apakah ada kebocoran, jika tidak ditemukan kebocoran maka langkah selanjutnya mengecek seluruh kipas mesin apakah menyala atau tidak dan jangan lupa mengecek kondisi sabuk mesin apakah ada yang putus sehingga menyebabkan water pump tidak menyala.

3. Derek atau Lanjut Jalan

Langkah mengatasi mesin mobil overheat yang terakhir yakni anda bisa memutuskan melanjutkan perjalanan atau menderek mobil dengan bantuan mobil derek. Jika langkah yang anda lakukan sudah benar dan kondisi mesin bisa menyala lagi, maka anda bisa melanjutkan perjalanan anda, namun tetap berhati hati dan selalu memperhatikan kondisi jarum temperatur mesin. Namun jika mesin saat dihidupkan kembali langsung panas dengan sangat cepat, maka sebaiknya anda menggunakan jasa derek untuk mencegah kerusakan yang lebih lanjut dan segeralah bawa ke bengkel resmi terdekat guna pengecekan lebih lanjut oleh teknisi yang memang sudah ahli dibidangnya.

Viral :   Menilik Spesifikasi Pajero Sport Facelift 2021

Pada umumnya dalam sebuah sistem mesin mobil tidak akan terjadi yang namanya overheat jika pemilik mobil rajin melakukan perawatan terhadap kendaraannya, terutama pada bagian sistem pendinginan seperti penggunaan water cooland yang khusus dan rajin melakukan pembersihan radiator dan memastikan kipas radiator menyala normal. Dengan rutin melakukan perawatan pada mobil anda, kenyamanan dan keamanan anda setiap berkendara akan terjamin.