Cara Mudah Merawat Mobil Mesin Diesel

Begini Cara Mudah Merawat Mobil Mesin Diesel

Cara Mudah Merawat Mobil Mesin Diesel – Saat ini mobil bermesin diesel masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia, hal ini dikarenakan mesin diesel yang terkenal bandel serta memiliki beberepa keunggulan lainnya dibandingkan mesin bensin, salah satunya yaitu mesin diesel lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar karena mesin diesel mempunyai efesiensi panas yang lebih besar dan torsi yang dikeluarkan juga lebih besar.

Sama seperti mobil pada mesin lainnya, mobil mesin diesel juga pastinya membutuhkan perawatan agar tetap awet. Berikut ini cara mudah merawat mobil mesin diesel agar tetap awet dan tahan lama :

1. Panaskan Mesin Mobil Sebelum Digunakan

Cara mudah merawat mobil mesin diesel yang pertama yakni dengan selalu memanaskan mesin mobil ketika akan digunakan. Hal ini dikarenakan mobil diesel berbeda dengan mobil bensin, yang mana mobil diesel tidak memiliki komponen busi sehingga mobil ini memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencapai suhu serta tekanan yang tepat agar mesin bekerja dengan optimal.

2. Pilih Oli yang Tepat

Cara mudah merawat mobil mesin diesel selanjutnya adalah dengan memilih oli yang tepat. Yang kita tau bahwa oli memiliki peranan penting dalam kinerja mesin kendaraan, sehingga hal inilah yang menjadikan setiap mobil sangat perlu mengganti oli secara berkala. Pastikan anda mengganti oli mobil mesin diesel anda dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan kebutuhan mesin mobil diesel yang anda miliki.

Viral :   Pengertian Tune Up Mobil dan Prosesnya
3. Gunakan Solar Berkualitas

Dengan penggunaan bahan bakar yang berkualitas merupakan Cara mudah merawat mobil mesin diesel selanjutnya. Disarankan agar anda menggunakan bahan bakar berkualitas seperti solar yang memiliki kadar Cetana Number ( CN) tinggi atau kandungan sulfur yang rendah.

Perlu diketahui solar dengan kandungan sulfur yang tinggi bisa merusak komponen injektor dan mengakibatkan pembakaran menjadi tidak sempurna, sebaliknya solar dengan kandungan sulfur yang rendah bisa membuat emisi gas buang, filter solar, saluran bahan bakar dan ruang bakar lebih bersih. Solar dengan kadar CN tinggi dan kandungan sulfur yang rendah sudah banyak tersedia di berbagai SPBU di Indonesia.

4. Ganti Filter Bahan Bakar Secara berkala

Cara mudah merawat mobil mesin diesel selanjutnya dengan mengganti filter bahan bakar secara berkala. Penggantian komponen ini memang harus dilakukan, hal ini dikarenakan fungsi filter yang digunakan untuk menyaring kandungan solar yang terkadang masih terdapat kandungan air serta kotoran.

Viral :   Bengkel Mobil Terdekat Beserta Jenis Servicenya Yang Wajib Diketahui!

Jika kondisi filter bahan bakar ini rusak, maka kandungan air atau kotoran bisa masuk ke sistem pembakaran sehingga proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan bisa membuat mobil mesin diesel anda mogok saat dijalan.

Pastikan filter bahan bakar mendapatkan perawatan berkala mengacu pada buku manual atau buku service kendaraan sehingga berguna untuk menghindari kemungkinan adanya kandungan air atau kotoran pada diesel.

5. Lakukan Perawatan Berkala di Bengkel

Seperti mobil pada umumnya, disarankan agar anda rutin melakukan perawatan berkala di bengkel. Sebisa mungkin hal ini anda lakukan di bengkel resmi, karena di bengkel memiliki mekanik ahli yang mampu menangani berbagai masalah pada mobil, termasuk mesin diesel lengkap dengan berbagai peralatan yang dibutuhkan.